DaerahHeadlineKendariSulawesi Tenggara

Di Kendari, Tongkat Wali Kota Bengkulu Jadi Perbincangan

Kendari,,mitratoday.com – Penampilan unik Wali Kota Bengkulu, Helmi Hasan menggunakan tongkat kembali menjadi perhatian atau buah bibir saat dirinya menjadi narasumber di RRI Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (8/2/2022) kemarin.

Host yang memimpin acara Dialog Kebudayaan RRI Kendari selalu bertanya apa yang membuat Helmi Hasan selalu membawa tongkat kemana pun ia pergi. Tongkat ini juga telah lama menjadi ciri khasnya, tak sedikit berbagai kepala daerah di provinsi, kota atau kabupaten lain selalu bertanya kenapa Helmi selalu membawa tongkat tersebut.

Helmi dengan tersenyum menjelaskan, tongkat tersebut merupakan suatu ciri khasnya dan mengangkat nilai kebudayaan serta mengikuti sunah nabi.

“Karena para nabi memakai tongkat saat itu bersama musafir selalu membawa tongkat, yang difungsikan sebagai penguat perjalanan di padang pasir atau hutan. Selain itu, tongkat juga berfungsi untuk keamanan para musafir jika bertemu binatang buas.” Jelas Helmi Hasan.

Sunah nabi inilah yang membuat Helmi Hasan selalu memakai tongkat kesayangannya. Tak hanya itu, Helmi menjadikan tongkat ini bernilai budaya tinggi, pasalnya setiap tamu yang datang di Kota Bengkulu baik itu Gubernur, Walikota, Bupati dari provinsi tetangga selalu diberi hadiah berupa tongkat, dan ini berbeda dengan daerah lainnya yang selalu memberikan cindera mata berupa plakat

“Kalau tempat lain memberikan kesan ke tamu dengan plakat. Di Kota Bengkulu kita buat memiliki hubungan kuat dengan budaya, jadi plakat itu kita ubah dengan tongkat. Tongkat ini juga merupakan sunah para nabi, jadi kado terindah dari Kota Bengkulu berupa tongkat yang bernilai budaya dan ajaran nabi. Insya Allah semua Bupati, Walikota penerima AK – PWI tahun 2022 akan kita berikan,” tutupnya.(FR).

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button