DaerahSerdang BedagaiSumatera UtaraWisata

Dibukanya Objek Wisata Pantai Merdeka,Kadis Poraparbud Sergai Beri Apresiasi

Serdang Bedagai,mitratoday.com – Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Budaya Kabupaten Serdang Bedagai menyambut baik dan mengapresiasi dibukanya akses pariwisata Pantai Merdeka di Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin.

“Terima kasih atas gebrakan Lantamal 1 Belawan bersama Pemerintah Desa Bagan Kuala yang telah membuka akses pariwisata Pantai Merdeka,” ungkap Kepala Dinas Poraparbud Sergai, Drs Zulfikar, Jumat (16/9/2022).

Dikatakan Zulfikar, kegiatan tersebut sangat mendukung, apalagi dengan terlaksananya “Kampung Kito” di Desa Bagan Kuala sebagai basis pariwisata di Pantai Merdeka.

“Berarti 7 Sapta Dambaan (Sapda) yang dicanangkan Bupati dan Wabup Sergai Maju Terus ini bisa tercapai. Kami Dinas Poraparbud sekali lagi menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Komandan Lantamal 1 Belawan yang telah lama melakukan berbagai kegiatan program Kampung Bahari Nusantara (KBN) di Desa Bagan Kuala, salah satunya mengembangkan wisata Pantai Merdeka,” ucap Zulfikar.

Lanjut Zulfikar, kedepan di harapkan Pantai Merdeka bisa menjadi salah satu objek wisata unggulkan. Sehingga dengan banyaknya kunjungan wisata, ada nantinya semacam Pendapatan Asli Daerah (PAD) apakah itu desa maupun kabupaten.

“Apabila PAD ini didapatkan, tentunya bisa memberikan positifnya pembangunan yang ada di Kabupaten Sergai ini,” sebutnya.

Untuk itu kepada seluruh elemen masyarakat, baik itu organisasi kepemudaan, pemerintah desa dan masyarakat bersatulah untuk mengembangkan Pantai Merdeka Desa Bagan Kuala untuk menjadi salah satu kawasan wisata di Kabupaten Sergai.

“Indikasinya nanti bisa menampung tenaga kerja yang ada di desa. Masyarakatnya yang tadi tidak ada kegiatan, dengan tumbuhnya pariwisata di Desa Bagan Kuala ini bisa menumbuhkan perekonomian di desa dan sekitarnya,” harapnya.

Kadis Poraparbud Sergai itu juga menyampaikan agar pemerintahan desa segera membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) melalui musyawarah di desa yang difasilitasi Kepala Desa, LKMD dan BPD.

“Setelah terbentuk, kepala desa langsung membuat SK dan hasilnya disampaikan kepada Pemkab Sergai melalui Dinas Poraparbud. Karena dengan Pokdarwis nantinya, mereka bergerak membuat program – program kegiatan bagaimana mengelola lokasi wisata dengan baik terutama menciptakan suasana kesejukan, keamanan, keindahan dan sapta pesona di lokasi wisata.” Jelasnya.

Pewarta : Marwan

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button