BENGKULUBengkulu SelatanDaerahHeadline

Diduga Proyek Siluman, Papan Merk Kegiatan Irigasi Belum Terpasang

Bengkulu Selatan,mitratoday.com – Pembangunan Saluran Air di Sepanjang Jalan depan Kantor Desa Batu Bandung kecamatan Pino Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu sepanjang 330 M tersebut menjadi sorotan.

Pasalnya, pekerjaan yang sudah berjalan hampir selesai ini tanpa papan merk proyek.

Hal itu seperti di sampaikan Ketua Sekber Media Online, Yon Maryono bahwa proyek yang di bangun dinilai proyek Siluman.

Sebab sama sekali tidak terpasang papan informasi kegiatan saat melaksanakan kegiatan pembangunan.

“Proyek yang dikerjakan tanpa menggunakan papan nama itu indikasinya sebagai trik untuk membohongi masyarakat, agar tidak termonitoring besar anggaran dan sumber anggarannya. Dimana kegiatan tersebut diduga tidak ada azas manfaat, maka dengan hal ini pihak Sekber Media Online akan melaporkan kegiatan tersebut ke Inspektorat,” tegasnya.

Menurut Yon Maryono, sesuai amanah Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 tahun 2008 dan perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 tahun 2012, dimana mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai Negara wajib memasang papan nama proyek, dimana memuat jenis kegiatan, lokasi proyek nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta jangka waktu atau lama pekerjaan.

“Pemasangan papan nama proyek merupakan implementasi azas transparasi. Sehingga masyarakat dapat ikut serta dalam proses pengawasan,” tegas Yon Maryono, Sabtu (6/8/2022).

Saat awak media menggali informasi terkait pekerjaan tersebut, salah seorang Masyarakat setempat mengatakan itu mungkin kegiatan desa.

Terpisah, Kepala Desa Batu Bandung membenarkan Pekerjaan pembangunan siring irigasi tersebut bersumber dari Dana Desa 20% bidang Ketahanan pangan.

“Pekerjaan ini menggunakan alat berat, terkait papan merk masih dibuat dan memang belum dipasang.” Ujar Kades Batu Bandung.

Pewarta : Julian

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button