AdvertorialBlitarDaerah

Dinas PMD Kabupaten Blitar Fasilitasi 70 BUMDES Sosialisasi Kewirausahaan Bersama BRI

Pewarta : Novian

Blitar,mitratoday.com-Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Blitar memfasilitasi 70 BUMDes untuk mendapatkan Sosialisasi Kewirausahaan bersama Bank Rakyat Indonesia Cabang Blitar.

Tampak Kepala Dinas PMD, Rully Wahyu bersama Kepala Cabang BRI Blitar, Yulizar Verda Febrianto dan peserta sosialisasi kewirausahaan berfoto bersama. (mitratoday.com/Novie).

Sosialisasi Kewirausahaan berlangsung di Wisata Kampung Coklat pada Kamis (11/11/2021) dengan tujuan untuk memajukan dan mendorong BUMDes di Kabupaten Blitar.

“Sosialisasi ini kita bekerja sama dengan BRI dengan tujuan mengenalkan kepada pengurus BUMDes tentang digitalisasi di sektor keuangan dan bentuk jasa pelayanan digitalisasi. Dengan kerjasama dan bermitra dengan BRI ini, kedepannya bisa memberikan nilai tambah bagi operasional BUMDes, juga untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia BUMDES, dan BUMDes perlu betul-betul menyiapkan serta merencanakan, salah satunya infrastruktur,” kata Rully selaku Kepala Dinas.

Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Blitar ini juga menjelaskan bahwa mulai saat ini pengurus harus menyiapkan Sumber Daya Manusianya, karena dengan kemajuan zaman semua serba digitalisasi. Untuk itu harus disiapkan mulai sekarang.

Di tempat yang Sama Kepala Cabag BRI Blitar, Yulizar Verda Febrianto menjelaskan pada media bahwa pihaknya mengajak Bumdes untuk bisa mengenal perbankan.

“Hal ini sangat penting bagi pengurus untuk mengetahui tentang perbankan, bukan hanya mengetahui, tapi juga mempraktekkannya dalam BUMDes kedepannya. Bukan hanya bermanfaat tetapi bisa memberi nilai tambah bagi BUMDes, yaitu bisa bertransaksi dengan Perbankan secara digital,” Jelas Yulizar.

Yulizar juga menyampaikan, untuk yang pertama pihaknya akan melakukan pendampingan usaha,”kita lihat dulu potensinya Desa apa. Jika Desa tersebut mempunyai kerajinan tangan, maka kita datangkan ahlinya, maka dengan itu BUMDes akan dapat nilai tambah dari usahanya,” terang Yulizar.

Kepala Cabang BRI Blitar juga akan selalu memberi pendampingan dengan meminta Mantri untuk mendampingi Desa, mulai digitalisasi, hingga peningkatan kemampuan SDM nya.

“Jika perlu nanti kami siapkan tim untuk permodalannya, karena BUMDes sudah berbadan hukum secara Perbankan, sudah bisa melakukan pembiayaan terhadap BUMDes,” ucap Yulizar.

Sosialisasi Kewirausahaan di hadiri Selain Kepala Dinamade, Rully Wahyu, dan Kepala Cabang BRI Blitar, Yulizar Verda Febrianto, juga Kepala BRI Wlingi dan 70 BUMDes yang aktif di Kabupaten Blitar serta beberapa Kepala Desa dan Ketua APD Kabupaten Blitar.(Adv/Kmf).

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
error: