DaerahMalang

Dinilai Penting, Pemerintah Libatkan Peran Ibu Tangani Bencana

Malang,mitratoday.com – Sosok perempuan terutama kaum ibu-ibu dinilai sangat penting untuk dilibatkan dalam penanganan bencana alam. Pasalnya, sosok perempuan terutama ibu dinilai lebih telaten untuk terlibat kedalam penanganan bencana alam, salah satunya seperti di Kabupaten Malang.

Pentingnya peran ibu tersebut diakui wakil Bupati Malang Drs.HM.Didik Gatot Subroto.SH.MH yang menyebut jika sosoknya sangat luar biasa.

“Sangat luar biasa ya, peranannya sangat masif untuk memberikan edukasi, konsumsi dan berbagai upaya penanganan bencana lainnya, sangat telaten melayani berbagai permasalahan penanganan bencana,”kata Didik Gatot Subroto saat menghadiri apel kesiapsiagaan Nasional tahun 2022, selasa (26/4/2022).

Terlebih kondisi geografis Kabupaten Malang yang disebut menjadi salah satu magnet bumi yang dekat dengan samudera hindia dan berbagai gunung merapi, maka butuh perhatian tidak hanya dari pemerintah,TNI, Polri saja tapi juga melibatkan peran masyarakat terutama kaum perempuan, terutama terhadap upaya mitigasi bencana.

“Ya karena dengan kondisi geografis seperti itu, potensi bencana yang timbul kan pasti cukup besar, maka lewat peran kaum ibu, dengan memberikan edukasi maka kita bisa lakukan upaya antisipasi terhadap berbagai kemungkinan bencana yang terjadi,”tutur Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang ini.

Jika hal ini bisa terjadi, lanjut Didik maka berbagai macam potensi bencana bisa ditangani dan diantasipasi dengan baik. Meski sejauh pemerintah sudah menyiapkan anggaran bencana yang disupport lewat anggaran BTT Pemerintah.

“Kan ada sekitar Rp 15 miliar ya, kita berharap gak sampai terpakai, agar nantinya dana ini bisa dialihkan ke sektor pembangunan lainnya,” tutup Didik Gatot Subroto.

Pewarta : Sigit

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button