DaerahHeadlineMalang

Dinkes : Tidak Usah Panik, Ikuti Anjuran Pemerintah, Demam Berdarah Bisa Diatasi

Malang,mitratoday.com – Pemkab Malang meminta masyarakat untuk tidak panik menghadapi perubahan musim yang berpotensi menyebabkan penyakit demam berdarah (DB).

Hal ini diterangkan Plt Kadinkes Kabupaten Malang Mursyidah yang menyebutkan meski angka kasus DB di Kabupaten Malang tinggi namun angka kematian akibat penyakit DB kecil.

“Tapi lebih bagus lagi jika tidak ada kasus DB,” ujar Mursyidah, Rabu (27/7/2022).

Syaratnya, lanjut Mursyidah masyarakat harus mendukung himbauan pemerintah dengan menjaga kebersihan lingkungan terutama budaya 3M yang sering disampaikan yakni Menutup Bak Mandi Menguras bak mandi dan mengubur sampah.

“Ya harus didukung karena tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah saja tanpa dukungan masyarakat. Artinya Pemerintah lewat Dinkes melakukan upaya tindakan prefentif dan kuratif, disisi lain masyarakat musti menjaga kebersihan dan mengikuti anjuran pemerintah soal 3M tersebut,” lanjut Mursyidah.

Selain mengikuti anjuran pemerintah, dukungan masyarakat lainnya,imbuh Mursyidah adalah dengan segera melaporkan ke pemerintah desa setempat untuk segera diteruskan ke Pemerintah agar segera di tangani secara intensif.

“Makanya ada dua hal yang musti kami perlu sampaikan ke masyarakat Kabupaten Malang, jaga kebersihan terutama budaya 3M dan jika ada warga yang terjangkit Penyakit Demam Berdarah segera laporkan ke Pemdes setempat untuk diteruskan ke Pemerintah agar segera tertangani. Jika dua hal ini dilakukan, kita optimis kasus DB di Kabupaten Malang bisa teratasi,” pungkas Mursyidah.

Pewarta : Sigit

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button