DaerahJember

Diskop Um Kabupaten Jember Gelar Bimtek Penilaian Kesehatan Koperasi

Pewarta : Solichin

Jember,mitratoday.com – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskop UM) Kabupaten Jember menggelar Bimbingan Teknis Penilaian Kesehatan Koperasi. Dilaksanakan di Aula Diskop dan Usaha Mikro Kabupaten Jember, Selasa (30/11/2021).

Kepala Bidang Kelembagaan dan Pengawasan Diskop Jember, Sartini mengatakan, kegiatan ini untuk mengukur kinerja KSP/USP. Koperasi yang dibina agar sehat dan memberikan kepercayaan kepada masyarakat umum.

“Empat hari ke depan kami menyelenggarakan kegiatan Bimtek Penilaian Kesehatan Koperasi. Tujuannya, untuk melihat performance koperasi, apakah masuk kelompok sehat, cukup sehat atau dalam pengawasan.” Ujarnya.

Bimtek ini difokuskan kepada koperasi yang mempunyai kegiatan unit simpan pinjam (USP) yang memerlukan penilaian kesehatan di koperasinya.

“Khususnya yang diberikan bimbingan ini adalah koperasi-koperasi yang mempunyai kegiatan unit simpan pinjam (USP). Dan pesertanya 90 persen dari jajaran Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI). Karena KPRI intens setiap tahunnya meminta penilaian kesehatan kepada dinas,” kata Sartini.

Kepala Bidang Kelembagaan dan Pengawasan Diskop Jember ini berharap, dengan pemberian Bimtek ini koperasi bisa menilai serta mengukur kinerja koperasinya sendiri.

Mereka bisa menilai performance nya sendiri. Nanti tinggal kita sinkronkan, apakah penilaian yang sudah mereka lakukan sudah sama dengan penilaian yang dilakukan oleh dinas. Didasarkan pada Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Nomer 9 Tahun 2020. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama 4 (empat) hari dari tanggal 30 November – 3 Desember 2021, 25 peserta dari berbagai lembaga Koperasi di Kabupaten Jember.

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
error: