DaerahDumai

Distrik Navigasi Dumai Laksanakan Kegiatan Padat Karya Tahap I

Dumai,mitratoday.com – Distrik Navigasi Kelas I Dumai bekerjasama dengan masyarakat Kecamatan Medang Kampai, di Dermaga Distrik Navigasi Kelas I Dumai, Rabu (23/3/2022.

Kegiatan Padat Karya tahap I dilaksankaan dengan membersihkan parit dan menanam pohon buah-buahan, seperti mangga, rambutan dan durian.

Kepala Distrik Navigasi Kelas I Dumai, Capt Heru Santoso MM melalui Kepala Tata Usaha Libertinus Tampubolon menjelaskan bahwa kegiatan program padat karya merupakan bentuk kepedulian Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar melalui penciptaan lapangan kerja di wilayah sekitar pelabuhan.

“Melalui kegiatan ini, guna bisa membantu pemerintah meringankan beban ekonomi masyarakat yang terdampak wabah Covid 19. Maka Kementerian Kelautan dan Perhubungan melalui pihak kantor Distrik Navigasi Kls I Dumai menciptakan program padat karya,” kata Libertinus.

Sementara itu Ketua Panitia, Jaka mengatakan pembagian tugas dari 50 orang tersebut menurut nya 40 orang untuk pemeliharan dermaga Navigasi yang meliputi pembersihan saluran, pembongkaran takul, pengurugan, pengecoran dan pengecetan. Sedangkan yang 10 orang untuk pekerjaan pemeliharaan taman pelampung yang berlokasi di Kelurahan Bulu Kasap Kecamatan Dumai Timur

“Adapun dasar hukum kegiatan ini yakni Peraturan Menteri Perhubungan RI nomor 30 tahun 2008 tentang organisasi dan tata kerja Distrik Navigasi dan Peraturan Presiden RI nomor 82 tahun 2020 tentang komite penanganan covid 19, pemihan ekonomi masyarakat serta PMP RI nomor 70 tahun 2021 tentang penyelenggaraan padat karya dilingkungan Perhubungan,” Cetus Jaka.

Sementara sumber dana kegiatan yakni dari DIPA Distrik Navigasi Kls I tahun 2022.

“Memang tugas utama kami adalah Penyelenggara Keselamatan pelayaran, khususnya bidang Kenavigasian di wilayah perairan selatan Malaka, Perairan Provinsi Riau dan sebahagian perairan Riau Kepulauan. Namun sebagai mitra kerja masyarakat kami merasa bertanggungjawab untuk memulihkan ekonomi masyarakat, khususnya yang berdampak Covid 19. Kami berharap kegiatan ini bisa berkesinambungan.” jelasnya.

Acara dihadiri perwakilan dari kepala kantor KSOP Kls I Dumai, Kapolsek Medang Kampai, Kapolsek Dumai Timur diwakili AKP T Ginting, Camat, Lurah Tanjung Palas, Lurah Mundam dan Lurah Bulu Kasap.

Pewarta : E Manalu

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button