DaerahEkonomi BisnisHeadlineMalang

Ditinjau Wakil Bupati Malang, Pasar Sumedang Segera Diserahkan

Malang,mitratoday.com – Pasar Sumedang Kecamatan Kepanjen dalam waktu dekat bakal diserahterimakan dari Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Ciptakarya kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Malang.

Kepastian tersebut diutarakan Wakil Bupati Malang, Drs H Didik Gatot Subroto SH.MH saat meninjau kondisi bangunan pasar yang berada di Wilayah Kelurahan Cepokomulyo Kepanjen tersebut, Selasa (15/2/2022).

“Insya Allah dalam waktu dekat sudah bisa diserahkan ke Dinas Perdagangan sebagai pengelola pasar ya, saat ini tinggal menyelesaikan proses teknisnya saja,” kata Didik Gatot Subroto.

Didik menjelaskan dirinya sengaja melakukan peninjauan ke lokasi pasar Sumedang untuk mengetahui langsung kondisi bangunan yang dibangun sejak beberapa tahun lalu. Hasilnya, secara keseluruhan, kata Didik Pasar Sumedang siap untuk beroperasi.

“Secara keseluruhan kita nilai sudah siap ya , tinggal dilakukan penyerahan dari DPKPCK ke Disperindag sebagai pengelola pasar nantinya,” imbuh Didik Gatot Subroto.

Usai diserahkan, nantinya terang Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang ini, tugas Dinas Perdagangan bekerja sama dengan Paguyuban Pedagang pasar melakukan relokasi pedagang pasar Sumedang dari bangunan lama ke bangunan pasar yang baru.

Kendati demikian Didik mengingatkan sebelum direlokasi, kondisi pasar harus dipastikan bersih terlebih dahulu. Hal ini karena konsep pasar Sumedang sendiri terang Didik, dibangun untuk pasar semi modern dengan berbagai kelengkapan kebutuhan konsumen.

“Nanti kan bisa diupayakan oleh Dinas terkait dengan paguyuban pasar untuk kerja bakti bersih-bersih pasar sebelum di tempati dan diresmikan. Karena konsepnya kan pasar semi modern, segala hal mulai kebersihan pasar hingga sarana tambahan seperti lift dan jalur khusus untuk akses kaum difabel harus dipastikan,” tutur Didik Gatot Subroto.

Sementara Plt Kepala Dinas Perdagangan, Dr Agung Purwanto M.Si menuturkan soal penataan bagi para pedagang pasar Sumedang. Dilantai satu terutama di lost hanggar selatan pasar nantinya akan dipisahkan sesuai dengan jenis dagangan.

“Kita pisahkan zona kering dan zona basah ya, tapi untuk yang toko khusus untuk berjualan jenis dagangan kering,” ujar Agung Purwanto

Sementara di lantai dua, terang Kepala Dinas Ketahanan Pangan ini bakal ditempati pedagang klontong dan sarana market bagi IKM dan UMKM untuk menjajakan hasil produksinya.

Senada dengan Wakil Bupati Malang, Agung menargetkan penyerahan resmi Pasar Sumedang tinggal menunggu hari saja. Para pedagang sebut Agung, juga mengaku tidak sabar untuk menempati pasar tiga lantai tersebut.

“Mereka (pedagang) sudah siap ya, setelah diserahkan maka kita akan merelokasi para pedagang ini ke pasar yang baru setelah sebelumnya kita kerja bhakti membersihkan pasar,” tandasnya.

Terakhir, Agung menargetkan dalam kurun waktu sebulan ke depan pasar sumedang sudah bisa beroperasi. Sementara jumlah pedagang pasar sumedang, beber Agung Purwanto sekitar 815 pedagang.

Pewarta : Sigit

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button