Home » Daerah » Bangka Belitung » Drainase Tersumbat,LPM Dan Karang Taruna Air Itam Bersihkan Selokan

Drainase Tersumbat,LPM Dan Karang Taruna Air Itam Bersihkan Selokan

Pangkalpinang,Mitratoday.com-Sering terjadi banjir waktu hujan deras membuat sebagian drainase yang berada di jalan Depati hamzah Rt.07 Rw.03 kelurahan air itam kota Pangkalpinang diarea perkantoran kelurahan lama samping agen motor yamaha dibersihkan akibat banyaknya sampah yang membuat buntu saluran tersebut.

Dengan begitu terlihat para pihak LPM dan Karang taruna air itam bergotong royong dalam membersihkan drainase yang menyumbat di kawasan tempat kegiatan tersebut dilakukan ,dan memang tidak jauh dari drainase besar yang ada di sekitar area ,selasa(18/6/19).

Di ungkapkan salah satu warga H.Ali,bahwa setiap kali datangnya hujan deras khususnya daerah di sekitar rumah air dari atas meluap dan air jatuh kerumah.sebab itu dikarenakan ketinggian tempat tidak sama.

“Karena sering banjir dan sudah beberapa kali air masuk kerumah ,jadi kita dengan tetangga sebelah terkena dari dampak mampetnya bandar seberang jalan itu,Kita sudah melaporkan dengan pihak Rt.maupun pihak kelurahan ,agar bisa di cari solusinya,karena rumah saya lebih bawah dari jalan aspal.” Terang Hali.

Menurut H.Ali,adanya solusi untuk membersihkan selokan drainase bisa mengurangi sendimentasi air yang ada ,serta dapat mempelancar jalannya air yang mengalir dari atas ,jadi pembersihan ini hanya bersifat sementara saja.

” Alhamdulillah masyarakat kita disini sangat peduli dan saya ucapkan juga terima kasih pada pihak kelurahan LPM dan karang taruna yang telah bersama -sama bergotong royong untuk membersihkan sampah serta adanya pasir di dalam bandar itu.”Ujar Hali.

Sementara Ketua LPM Air itam,Muhammad Hardiman, mengatakan bahwa kegiatan yang kami lakukan ini bersama dengan para pengurus karang taruna ,untuk itu kita sangat meminta khususnya masyarakat air itam agar tidak membuang sampah sembarangan,apalagi di dalam bandar yang dapat menyebabkan buntunya saluran air .

“Kita berinisiatif bersama rekan di karang taruna untuk membantu warga yang sering terkena dampak dari banjir akibat buntunya bandar di kawasan yang dulunya memang rawa-rawa.” Harap Hardiman.

Dalam hal ini,untuk mengingatkan bagi warga jangan sampai membuang sembarangan sampah ,terutama sampah rumah tangga dan lainnya.

“Kami berharap juga dalam peran kerjasama pada pihak pemerintah daerah terutama pemkot untuk saluran drainase di perbesar lagi dalam menyikapi keluhan masyarakat ini,Karena keluhan masyarakat sendiri tiap tahun terjadi banjir di sini.” Pungkas Hardiman.

Terpisah ,Lurah Air itam Andika dalam pesan whatsAppnya,saat di singgung terkait sering terjadinya banjir menuturkan,banjir tetsebut akibat banyaknya pasir yang menumpuk di saluran drainase tepatnya depan yamaha.”kami sudah menghubungi pihak yamaha untuk mengangkat sampah dan pasir yang menumpuk tersebut.”jelas Andika.

Kedepannya kami akan bekerjasama dengan babinsa, bhabinkamtibmas, pengurus LPM, karang taruna, RT/RW, serta dinas lingkungan hidup dan kebersihan untuk melaksanakan gotong royong di wilayah Kelurahan air itam sendiri.” Tutup Andika.

(adi)

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.