DaerahHeadlineMalangpendidikan

Dua Kampus Baru Segera Di Bangun Di Kabupaten Malang, Tahun 2024 Ditarget Beroperasi

Malang,mitratoday.com – Dua Perguruan Tinggi terkemuka bakal membangun kampusnya di Kabupaten Malang.

Kedua perguruan tinggi tersebut diantaranya Universitas Brawijaya, Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim.

Rencananya UB bakal membangun Kampus di atas tanah seluas 30 hektar di Kepanjen. Sementara UIN bakal membangun kampus seluas 12 hektar di Turen.

Pembangunannya ujar Bupati Malang HM.Sanusi direncanakan bakal dimulai bulan Juli 2022 mendatang.

“InsyaAllah dibulan Juni ini dilakukan penandatanganan MOU dan dilanjutkan groundbreakingnya sekitar bulan Juli. Jika gak ada halangan kemungkinan ditahun 2024 mendatang kedua kampus ini sudah mulai beraktivitas,” ujar Sanusi, Rabu (1/6/2022).

Jika terwujud, Sanusi menjelaskan perputaran rupiah dalam jumlah besar akan terjadi di Kabupaten Malang. Ia mencontohkan seperti UB, dari informasi yang ia terima dari Rektor jumlah mahasiswa UB tercatat mencapai sekitar 70 ribu orang.

“Jika dibagai setengahnya, maka 35 ribu mahasiswa UB akan berkuliah di Kepanjen. Jika dihitung kebutuhan hidup mahasiswa nya sekitar Rp 1 juta per mahasiswa maka setiap bulan akan ada perputaran uang senilai Rp 35 miliar di Kepanjen. Ini belum mahasiswa UIN dan menyusul nantinya kampus Unisma dan UMM,” ulas Sanusi.

Ia melanjutkan selain kedua Perguruan Tinggi tersebut nantinya Universitas Islam Malang dan Universitas Muhammadiyah Malang bakal menyusul membangun kampus di wilayah Kabupaten Malang. Unisma sendiri sudah memiliki lahan yang bakal dijadikan kampus di Karangploso sementara UMM bakal membangun kampus barunya di wilayah Pakis.

Pewarta : Sigit

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button