DaerahHeadlineKesehatanMalang

Dua Puskesmas Prototype Pertama Diresmikan Bupati Malang

Malang,mitratoday.com – Dua Puskesmas Prototype di Wonokerto dan Sumbermanjing Wetan diresmikan Bupati Malang, HM Sanusi Senin (28/2/2022).

Kedua bangunan puskesmas baru itu sendiri rata – rata berdiri di atas lahan yang cukup luas. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, Drg Arbani Mukti Wibowo menyebutkan jika rata-rata lahan yang digunakan sekitar 3000 meter persegi.

Dengan hadirnya dua Puskesmas baru tersebut, Sanusi berharap dapat semakin meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.

“Karena Puskesmas sebagai Faskes pertama punya peranan penting dalam sistem kesehatan nasional maka sangat perlu terus untuk berbenah dan meningkatkan kualitas layanan, peningkatan fisik bangunan lewat rehabilitasi maupun renovasi gedung yang representatif, dan kelengkapan alat kesehatan,” kata Sanusi.

Menurutnya hal ini adalah bagian untuk meningkatkan pelayanan kesehatan secara tepat cepat, dan responsif.

Untuk itu Sanusi meminta kepada Sekda dan Kepala Dinas Kesehatan untuk menyediakan peralatan Laboratorium secara lengkap. Kata Sanusi, Ini perlu dilakukan agar masyarakat bisa mengakses dengan mudah layanan laboratorium untuk antisipasi dini terhadap kesehatan masyarakat itu sendiri.

“Saya minta disediakan laboratorium untuk cek Kolesterol , Gula Darah dan Asam Urat agar masyarakat bisa melakukan check up kondisi kesehatannya secara rutin,” tutur Sanusi.

Sementara Dr drg Arbani Mukti Wibowo menjelaskan dua puskesmas prototype baru tersebut adalah pengganti dari gedung lama kedua puskesmas sebelumnya.

“Ini untuk mengganti puskesmas lama yang kami nilai kurang representatif, selain karena sempit lokasinya juga kurang tepat,” tandas Arbani Mukti Wibowo.

Ia mencontohkan seperti di Puskesmas Sumbermanjing Wetan, selain sempit karena berdiri di atas lahan seluas sekitar 300 meter, saat hujan deras mengguyur tak jarang terkena banjir. Akibatnya pelayanan kesehatan, kata Arbani menjadi terhenti.

“Makanya kita bangun gedung puskesmas baru agar layanan kesehatan tetap dapat berjalan dengan baik tanpa kendala,” tutur Arbani.

Sumber anggaran yang digunakan untuk membangun gedung baru tersebut, Arbani mengatakan jika sumber dana pembangunan Puskesmas Sumbermanjing Wetan berasal dari DAK APBD Kabupaten Malang tahun 2021, sementara Puskesmas Wonokerto Bantur, lanjut Arbani berasal dari Anggaran DBHCHT tahun 2021.

Arbani mengungkapkan Pemerintah juga berencana membangun gedung puskesmas baru di dua wilayah yaitu Kecamatan Wajak dan Bukulawang. Kendati demikian hingga saat ini anggaran yang digunakan pembebasan lahan masih terkendala refocusing anggaran .

Lantas kapan dijadwalkan, Arbani menjawab jika memungkinkan di Perubahan Anggaran APBD tahun 2022 rencana tersebut dapat terealisasi.

“Karena kita berharap dengan adanya gedung puskesmas baru ini, maka tugas fungsi dan peranan Puskesmas ini kelihatan nyata sebagai pusat kesehatan masyarakat sehingga selain sebagai pusat kesehatan, nantinya puskesmas juga akan menjadi pusat jejaring faskes, klinik dokter swasta maupun Bidan Mandiri untuk melaporkan setiap masalah kesehatan untuk dilakukan tindakan preventif di setiap wilayah,” pungkas Arbani Mukti Wibowo.

Pewarta : Sigit

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button