DaerahJawa Tengah

Gagasan Spontanitas Tanam Pohon Penghijauan

Rembang, mitratoday.com – Memasuki hari yang ke 7 kemaren, Sabtu (20/10), kegiatan TMMD Reguler Ke-103 Kodim 0720/Rembang TA. 2018 baik kegiatan fisik dan non fisik masih berjalan, bahkan juga beberapa program non skedular yang merupakan gagasan spontanitas hasil evaluasi dilapangan berupa program fisik tambahan juga semakin terus di sasar.

Kemarin anggota Satgas TMMD melaksanakan penanaman pohon penghijauan pada sekitar SDN Pasedan 2, Desa Pasedan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Rembang. Satgas TMMD bersamasama anak-anak dan Guru setempat dengan sangat antusias mengerjakan pembuatan lubang tanah guna untuk menanam pohon penghijuan dengan jenis Mahoni.

Menurut Danki Satgas TMMD Lettu Inf Supriyanto, bahwa pelibatan personel Satgas dalam kegiatan penghijauan sebagai sasaran fisik tambahan dalam kegiatan TMMD ini bertujuan untuk mengurangi terjadinya pemanasan global (global warming) yang sedang melanda seluruh negara di dunia termasuk Indonesia. Gerakan tanam penghijauan ini merupakan salah satu aksi nyata yang dapat mencegah dampak buruknya kondisi lingkungan, akibat terjadinya tingkat polusi udara yang tinggi. Pemanasan global juga menyebabkan siklus pergantian musim menjadi sulit diprediksi, yang ditandai dengan musim kemarau panjang dan menyebabkan kekeringan serta curah hujan yang tinggi hingga menyebabkan bencana banjir.

Manfaat penghijauan lingkungan diantaranya akan memperbaiki kualitas air tanah, mencegah erosi tanah, mengurangi polusi udara dan masih banyak manfaat lainnya. Sedangkan bagi masyarakat, dengan penghijuan menanam mahoni ini, diharapkan nantinya akan bisa menambah keasrian serta kelestariannya lingkungan Desa. diharapkan nantinya satu demi satu secara bertahap kegiatan penghijauan dapat diprogramkan, sehingga tidak hanya lingkungan sekolah saja namun juga lingkungan tempat tinggal warga.

Kepala Desa Pasedan Bapak Ngusman mengatakan, program penghijauan yang di lakukan oleh Satgas TNI ini sangat baik, sehingga nantinya lingkungan sekolah akan nampak lebih rindang lagi. “Penghijauan ini sangat bagus, selain menambah asri juga akan membuat udaranya jadi lebih segar, serta akan sangat bermanfaat bagi kelestarian lingkungan alam,” ucapnya.

Sementara itu, Pasiter Kodim 0720/Rembang Kapten Inf Wardiyana, gerakan penghijauan ditengah-tengah berlangsungnya TMMD Reguler 103 ini, diharapkan mampu untuk menarik simpati masyarakat sekitar. (0720)

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button