Gedung SMPN 4 Tanjung Beringin Memprihatinkan, Ancam Keselamatan Siswa

Pewarta : Marwan

Serdang Bedagai,Mitratoday.com-Prihatin itulah muncul dibenak siapa saja tatkala melihat Kondisi Sekolah SMPN 4 Tanjung Beringin.

Bagian bangunannya terlihat sudah banyak mulai rusak. Mulai dari lantai, dinding bangunan yang retak hingga sampai ke plafon bangunan banyak yang bolong bahkan sudah ada yang roboh.

Sejak dibangun Ruang Kelas Baru Pada tahun 2011 dari Progam Bantuan Dana Alokasi Khusus. Sekolah yang terletak di Desa Tebing Tinggi Kecamatan Tanjung Beringin Serdang Bedagai ini tidak pernah mendapatkan bantuan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Serdang Bedagai.

Salah Seorang guru di sekolah tersebut menuturkan Robohnya gedung Ruang Kelas Baru tersebut diketahui sekitar satu bulan lalu ketepatan disaat tidak berjalannya proses belajar mengajar karena Pandemi Covid-19.

“Rencananya pihak sekolah mau memperbaikinya pak karena mau mengejar pembelajaran baru kemungkinan tahun 2021 proses belajar mengajar akan aktif apabila masa Pandemi covid-19 ini berakhir,”Ujarnya.

Sementara itu Kepala Sekolah SMP N 4 Tanjung Beringin, Alvi Ramadhan Siregar, M.Si Kepada Wartawan menjelaskan Bahwa ruang kelas tersebut dibangun pada tahun 2011 dan sudah terlihat Proses penyusutannya yang kemungkinan dampak dari cuaca sehingga plafon tersebut ada yang roboh.

“Selain itu memang ada juga beberapa titik dari bangunan itu yang rusak seperti lantai keramiknya banyak yang sudah retak sehingga Sangat perlu dilakukan pembenahan. Maka dari itu kami dari pihak sekolah berharap Kepada Pemerintahan Kabupaten Serdang Bedagai dapat kiranya dilakukan Pembenahan atau rehab secara total. Plafon tersebut begitu penting karena kita mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi apabila proses belajar mengajar kembali normal.”Terang Alvi.

Memang masih ada lagi yang sangat pihaknya butuhkan demi keamanan dan kenyamanan sekolah maupun siswa yang belajar seperti, rumah dinas penjaga sekolah dan pagar sekolah.

“Pagar sekolah ini sangat urgen, karena kita mengantisipasi siswa yang bolos ataupun orang dari luar yang masuk ke lingkungan sekolah. Untuk itu kami berharap kepada Pemerintah ada kiranya renovasi atau pembangunan total di sekolah ini,”Harap Alvi.

Kabid SMP Dinas Pendidikan Sergai, Sujarwo, S.Pd Ketika dihubungi via pesan Whats app menanyakan tentang keadaan gedung SMP N 4 Tanjung Beringin banyak yang rusak, sampai berita ini diterbitkan tidak ada jawaban.

Hal ini menunjukan lemahnya pengawasan serta kurangnya pantauan dari Dinas Pendidikan Sergai terhadap jenis gedung sekolah yang layak atau tidak layak lagi untuk difungsikan.

Demi kemajuan pendidikan dan masa depan anak bangsa, dalam hal ini Pemerintah khususnya Dinas Pendidikan Sergai melakukan peninjauan, agar seluruh anak bangsa Indonesia khususnya Serdang Bedagai Tanah bertuah negeri beradat dapat menuntut ilmu ditempat pendidikan yang layak.

Bagikan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close