Home » Daerah » Gelar Upacara Hari Pahlawan Sambil Bersih-Bersih Sungai Wendit

Gelar Upacara Hari Pahlawan Sambil Bersih-Bersih Sungai Wendit

Malang,mitratoday.com-Peringatan Hari Pahlawan juga dilakukan masyarakat Desa Mangliawan dengan menggelar upacara bendera di Sungai Wendit minggu (10/11/2019).

Meski terbilang unik namun tidak mengurangi khidmad nya  moment peringatan hari Pahlawan kali ini.

Usai menggelar upacara ,seluruh peserta yang terdiri dari Muspika Pakis , anggota TNI AU , relawan masyarakat dari berbagai komunitas , pelaku budaya dan seluruh masyarakat desa Mangliawan mengadakan bersih-bersih sungai Wendit.

Camat Pakis Firmando.H.Matondang mengungkapkan piihaknya sengaja mengadakan upacara hari pahlawan sambil melaksanakan bersih-bersih sungai selain untuk mengenang jasa pahlawan bangsa juga ingin menggugah kepedulian masyarakat terhadap kelangsungan sungai yang juga memiliki sumber air seperti sumber air wendit.

Kita bersih-bersih sungai wendit , kondisinya banyak tumpukan sampah ,sedimentasi sungai sangat tinggi ,kita khawatir jika dibiarkan maka sumber air yang terdapat disungai yang bersebelahan dengan wisata wendit ini akan tertutup,”kata Firmando.

Lulusan STPDN Jatinangor ini menjelaskan pihaknya secara rutin juga melakukan gerakan bersih sungai di wilayah Pakis. “Kita rutin adakan gerakan bersih sungai,hasilnya banyak sampah yang mengotori sungai dan sudah kita bersihkan bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup,”tutur mantan camat Wajak ini.

Ia mengaku juga meminta seluruh Pemdes di wilayah Pakis untuk mengalokasikan DD untuk menangani persoalan sampah terutama sampah yang mengotori sungai. “Kita minta Pemdes untuk mengalokasikan anggaran DD khusus untuk menangani masalah sampah,silahkan alokasikan untuk mengatasi masalah sampah khususnya sampah di sungai,jika memungkinkan sampah tersebut bisa diolah kembali menjadi barang yang bermanfaat bagi masyarakat,”tukas Firmando.

Meski begitu , Firmando juga meminta ke Dinas Terkait untuk ikut konsern menangani sampah dan sedimentasi sungai agar kelangsungan aliran sungai dapat terjaga dengan baik.

Kan ini juga bentuk warisan bagi generasi selanjutnya agar nantinya mampu memanfaatkan kelangsungan sumber air yang tetap terjaga kelestariannya,”tutup Mando yang bakal menempati pos barunya sebagai Sekretaris Satpol PP Kabupaten Malang ini.

 

(GT)

 

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.