Home » Daerah » Hari Terakhir, Camat Pakis Pimpin Bersih-Bersih Sungai Wendit

Hari Terakhir, Camat Pakis Pimpin Bersih-Bersih Sungai Wendit

Malang,mitratoday.com-Dihari terakhir menjadi camat Pakis , Firmando Hasiholan Matondang memimpin kegiatan bersih – bersih sungai wendit minggu (10/11/2019).

Diikuti seluruh Muspika Pakis dan seluruh masyarakat serta pelaku budaya , kegiatan bersih-bersih kali wendit yang terletak dibelakang wisata Wendit tersebut diawali ritual adat berupa selamatan dengan membawa sesaji yang diletakkan dipinggir sungai wendit.Firmando mengatakan kegiatan bersih kali wendit sebenarnya adalah kegiatan rutin masyarakat desa Mangliawan.

“Ya sebenarnya ini adalah ritual rutin masyarakat Mangliawan yang sempat terkikis karena keengganan masyarakat membersihkan sungai,”kata Firmando minggu (10/11/2019).

Menurut Firmando hal ini lantaran masyarakat merasa sudah tidak bisa memanfaatkan sumber air wendit lagi. Dicontohkan dulu masyarakat sekitar bisa memanfaatkan untuk bermain perahu dan lainnya ,namun seiring berkembangnya waktu masyarakat sudah tidak bisa memanfaatkannya kembali.

Akibatnya tumpukan sampah dan sedimentasi tanah hampir menutupi sumber air tersebut,makanya kita merasa ikut bertanggung jawab dengan menjaga kelangsungan sumber air tersebut melibatkan seluruh elemen masyarakat , pemangku budaya, dan keterlibatan TNI Angakatan Udara dan direncanakan akan di lakukan setiap tiga bulan sekali,”terang Firmando.

Meski tahun lalu Pemkab Malang melalui Dinas PU Sumber Daya Air telah melakukan pengerukan sedimentasi tanah ,namun saat ini tumpukan sampah dan sedimentasi tanah kembali terjadi.

Makanya diharapkan Pemkab Malang punya kepedulian dengan melakukan pemgerukan secara berkala supaya kelangsungan sumber air yang terdapat di sungai Wendit bisa terjaga dan bermanfaat bagi masyarakat.

(GT)

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.