Harlah Pancasila, Ketua DPRD Kota Blitar : Pancasila Terbukti Mampu Jadi Falsafah Bangsa

Pewarta : Novian

Blitar,mitratoday.comKetua DPRD Kota Blitar dr Syahrul Alim menegaskan bahwa hanya Pancasila yang layak dipedomani di Republik ini. Pancasila terbukti mampu menjadi falsafah hidup bangsa diberbagai situasi dan tetap relevan hingga sekarang.

Ketua DPRD Kota Blitar, Dr Syahrul Alim
Ketua DPRD Kota Blitar, Dr Syahrul Alim

Hal ini disampaikannya saat menghadiri upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Istana Gebang Jalan Sultan Agung, Selasa (1/6/2021) pagi.

Di kesempatan itu, ia mengajak sejenak untuk mengenang kembali sejarah lahirnya Dasar Negara Indonesia ini sekaligus sebagai wujud penghormatan kepada penggagas Ideologi bangsa tersebut yakni Bung Karno.

“Pada waktu itu Bung Karno bersama kawan-kawannya BPUPKI sedang mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia. Tentu saja situasinya sangat sulit saat itu. Namun berkat kejeniusan beliau, muncul ide gagasan untuk membuat dasar negara. Maka melalui pemikirannya lahirlah Pancasila tepat pada 1 Juni 1945 dan kita peringati sampai sekarang,” terang Syahrul.

Ia pun mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menjadikan momentum lahirnya Pancasila sebagai semangat untuk lebih mengamalkan nilai-nilainya dalam kehidupan nyata sehari-hari, sesuai tema Harlah kali ini yaitu Pancasila Dalam Tindakan, Bersatu Untuk Indonesia Tangguh.

“Pancasila sudah final, tak bisa diutak-atik. Yang perlu kita lakukan sekarang ini adalah bagaimana kita makin mengamalkan butir-butir Pancasila dalam kehidupan nyata, itu poinnya,” paparnya.

Mungkin yang paling pas relevansinya sekarang, kata Syahrul adalah gotong royong bagaimana agar masyarakat semakin bangkit di tengah situasi pandemi.

“Di satu sisi kesehatannya makin baik dan di sisi lain roda perekonomian kembali pulih. Maka gotong royong menjadi sangat penting. Pandemi ini harus kita lawan bersama. Pemerintah terus mengupayakan kesehatan masyarakat, sebaliknya masyarakat pun diminta untuk patuh. Di bidang ekonomi, bantuan pemerintah utamanya pada pelaku usaha mikro juga dilakukan semata-mata agar ekonomi secara perlahan kembali bangkit,” jelasnya.

Menurutnya, gotong royong yang merupakan sifat/budaya Indonesia yang terkandung dalam butir-butir Pancasila sila ke tiga sangatlah sesuai. Kata dia, maka hanya Pancasila yang layak dipedomani sampai kapanpun.

“Mari kita manfaatkan momen ini sebaik-baiknya sebagai tonggak perjuangan ke depan untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dan gotong royong sehingga kita mampu berdikari untuk Kota Blitar khususnya dan bangsa Indonesia umumnya,” tandas Syahrul.(Adv).

Bagikan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Back to top button
Close
Close