Home » Daerah » Hujan Deras dan Angin Kencang Hancurkan 59 Rumah Warga Dengkol Singosari

Hujan Deras dan Angin Kencang Hancurkan 59 Rumah Warga Dengkol Singosari

Penulis : GT
Editor    : Redaksi

Malang,Mitratoday.com-Hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Malang utara. Tepatnya di Desa Dengkol, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.Akibatnya sejumlah rumah dan fasilitas umum rusak parah. Sebuah tiang listrik pun patah akibat cuaca buruk yang terjadi Senin (2/12) sore.

“Terjadi hujan deras di sertai angin kencang, akibatnya tiang listrik patah dan roboh sehingga menimpa bagian depan halaman rumah milik Rendik Fidianto (32) warga setempat,” kata Kasubsi Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Malang, Mudji Utomo.

Laki-laki yang akrab disapa Mbah Tomo ini mengatakan, pihaknya telah melakukan assesment dan berkoordinasi dengan pihak terkait. Misalnya saja berkordinasi dengan perangkat desa setempat, Muspika Kecamatan Singosari dan Tagana Kabupaten Malang.
Sementara itu cuaca buruk angin kencang dan hujan deras juga melanda di Desa Gunungjati Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Akibatnya 41 rumah warga mengalami rusak ringan hingga rusak berat.

“Kerusakan bervariasi. Ada yang berat, sedang dan ringan,” katanya.

Terkait upaya yang dilakukan, Mbah Tomo menerangkan pihaknya telah melakukan assesment setelah mengetahui laporan terjadinya cuaca buruk

“Assesment dilaksanakan oleh tim reaksi cepat muspika, Pengurus PMI Jabung bersama poslap Tumpang. Kami juga melakukan pembersihan pohon tumbang di rumah Pak Darman warga setempat,” pungkas Mbah Tomo.

Akibat kejadian itu, data sementara rumah rusak berat 12 unit. Rusak ringan 41 unit. Dan rusak sedang 6 unit rumah. Semua rumah berada di Dusun Jatiarjo, Desa Gunungjati, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang.
Sementara Bupati Malang yang dihubungi selasa pagi mengatakan dirinya telah memerintahkan instansi terkait untuk turun kelapangan melihat kondisi masyarakat terdampak.

“Saya sudah perintahkan OPD terkait untuk mendata dan memberi bantuan kepada masyarakat terdampak karena ini darurat, makanya saya minta secepatnya bantuan diberikan , kemudian rumah-rumah yang rusak didata dan segera ditangani,”kata Sanusi via telepon selasa pagi (3/12/2019).

Sanusi juga memastikan dirinya akan segera kelokasi hari ini (selasa) untuk memimpin langsung penanganan korban angin kencang tersebut.”Jam 8.00WIB ini kita akan berangkat ke lokasi,”tutup Sanusi.

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.