DaerahTegal

HUT ke-43, Ratusan Satpam se-Eks Karesidenan Pekalongan Unjuk Keterampilan

Kota Tegal,mitratoday.com – Ratusan anggota Satuan Pengamanan (Satpam) se-Eks Wilayah Karesidenan Pekalongan unjuk ketrampilan. Mulai baris-berbaris, ketrampilan beladiri dan pengamanan TKP hingga pengetahuan terkait aturan dan ketentuan pengamanan swakarsa.

Unjuk ketrampilan dan kemampuan tersebut mereka tampilkan pada saat kegiatan penilaian dan penghargaan Satpam Tingkat Polda Jateng Tahun 2023. Yang terselenggara di GOR Wisanggeni, Tegal Timur, Kota Tegal, Senin (6/11/2023) siang.

Pada kesempatan itu, Kasubdit Binsatpam Polsus Ditbinmas Polda Jateng AKBP Anita Indah, S.I.K, M.H, hadir langsung menjadi juri beserta pejabat Dit Binmas Polda Jateng lainnya.

Dalam sambutannya AKBP Anita Indah mengatakan, Satpam merupakan salah satu bentuk pengamanan swakarsa. Yang mempunyai fungsi hampir sama dengan Polri, hanya saja terbatas pada lingkungan tempat bertugasnya.

“Peran Satpam yaitu sebagai unsur pembantu pimpinan perusahaan atau instansi lembaga pemerintah. Pada bidang pembinaan keamanan dan ketertiban lingkungan kerjanya. Selain itu juga sebagai unsur pembantu Polri dalam pembinaan keamanan dan ketertiban masyarakat. Serta sebagai penegak peraturan perundang-undangan untuk menumbuhkan kesadaran dan kewaspadaan keamanan pada lingkungan kerjanya,” ungkap AKBP Anita.

Kita menyadari, lanjut AKBP Anita, bahwa dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, Polri tidak bisa melakukan sendiri tanpa adanya kerja sama dengan pihak lain. Untuk itu potensi masyarakat harus kita kembangkan. Sehingga mampu memperkuat sistem keamanan melalui keamanan swakarsa,” imbuhnya.

AKBP Anita Indah juga menambahkan, saat ini kita telah memasuki tahun politik. Dalam rangka Pemilihan Legislatif serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Tentunya suhu politik menjelang Pemilu pasti akan meningkat. Terutama berkaitan dengan keamanan dan ketertiban masyarakat. Untuk itu kami mengimbau kepada anggota Satpam agar dapat menjaga stabilitas keamanan pada lingkungan kerjanya.

“Hari ini kita akan melaksanakan kegiatan penilaian dan penghargaan. Dalam rangka monitoring kemampuan dan keterampilan anggota Satpam pada jajaran Polda Jawa Tengah. Ada 4 paramater dalam penilaian yang meliputi pengetahuan tentang Perpol No. 1 tahun 2023, ketrampilan PBB, ketrampilan beladiri Polri dengan tangan kosong dan tongkat borgol serta simulasi pengamanan Tindakan Pertama di Tempat Kejadian Perkara (TPTKP), “pungkas AKBP Anita¬†Indah.

Pewarta : Hartadi

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button