DaerahMalang

Jadi Pilot Project, Pemerintah Ujicoba SIAK Terintegrasi

Malang, mitratoday.com – Kebupaten Malang dipilih Kemendagri menjadi salah satu pilot project Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) terintegrasi. Dengan begitu, nantinya seluruh data adminduk warga Kabupaten Malang bakal terintegrasi dengan data Kemendagri.

Hal ini diterangkan Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Drs.Sirath Aziz.Msi yang menyebutkan jika sejak awal bulan Maret lalu hingga saat ini SIAK terintegrasi tersebut tengah diujicobakan di Kabupaten Malang.

“Jika sebelumnya setiap daerah memiliki server tersendiri data kependudukan warga , namun saat ini semua data adminduk akan masuk di server Dirjen Dukcapil, artinya daerah gak terbebani server data adminduk,”kata Sirath Aziz rabu (20/4/2022).

Sisi keuntungannya , lewat SIAK terintegrasi tersebut, lanjut Sirath Aziz sistem kelola data dan pelayanan adminduk warga dapat teratasi dengan cepat, pasalnya pemda akan dijatah aplikasi tersendiri untuk layanan adminduk warga.

“Jika terpusat kan semua layanan adminduk dan proses datanya lebih cepat,” ujar Sirath Aziz.

Diketahui SIAK terintegrasi itu sendiri tengah diujicobakan dibeberapa yang memiliki sarana infrastruktur jaringan yang memadai, diantaranya Provinsi DKI, Jabar, Jateng, Jatim, dan Banten.

Di Jatim salah satunya tutur Sirath adalah Kabupaten Malang. Kekuatan SIAK terpusat itu sendiri, katanya mencapai 5 Mbps.

Sirath berpendapat, SIAK nantinya bakal jadi cikal bakal satu data Indonesia, pasalnya nanti semua adminduk warga menggunakan teknologi digital.

Pewarta : Sigit

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button