Daerahjawa Timur

Jaga Tradisi, Bupati Malang Gelar Ziarah Makam Leluhur

Kabupaten Malang, mitratoday.com – Momentum peringatan Hari Jadi Kabupaten Malang ke 1257 tahun 2017 ini memasuki acara puncak yang di gelar hari ini dengan serangkaian kegiatan seperti yang nampak pada pagi hari ini.

Bupati Malang Rendra Kresna didampingi Wakil Bupati HM Sanusi beserta Kepala Operator Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab malang menggelar ziarah dan kirim doa di makam Pendiri Malang Ki Ageng Gribig di jalan Ki Ageng Gribig Kota Malang senin pagi (28/11).

Selain ke makam Ki Ageng Gribig kegiatan ziarah rutin dalam rangkaian Hari Jadi Kabupaten Malang ini , bupati bersama rombongan juga berziarah ke makam mantan bupati lainnya di Malang Raya, diantaranya makam almarhum Bupati Malang pertama, Raden Tumenggung Notodiningrat I, Bupati Malang kedua, Raden Aryo Adipati Notodiningrat II dan Raden Aryo Adipati Notodiningrat III.

“Kegiatan ini digelar setiap tahun dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Malang. Tahun ini pada peringatan Hari Jadi ke 1257 Kabupaten Malang, bahwa acara pokok adalah khotmil Qur’an di Masjid Tajudin Sholah Kabupaten Malang dan dilanjut ziarah ke makam almarhum Ki Ageng Gribig dan mantan-mantan Bupati Malang yang dipusatkan di makam Ki Ageng Gribig yang dilakukan usai sholat Shubuh,” ujar Bupati Malang, Dr. H. Rendra Kresna didampingi Kepala Bagian Bintal Setda Kabupaten Malang, Drs. H. Nurhasyim.

Ziarah ke makam almarhum Ki Ageng Gribig dan ketiga Bupati tersebut menandai dimulainya kegiatan ziarah ke beberapa makam almarhum Bupati Malang lainnya yang tersebar di lokasi pemakaman lainnya. Meliputi ke makam almarhum Mantan Bupati Malang meliputi Bupati ke 17, Ir. Mohammad Ibnu Rubianto, MBA di makam umum Samaan Kota Malang, Bupati ke 12, Moch. Sun’an, SH dan Bupati ke 13, H.R. Suwignyo di makam umum Kasin Kota Malang, Bupati ke 10, Mas Djapan Notobudoyo dan Bupati ke 14, Edi Slamet di taman makam pahlawan Suropati Kota Malang dan Bupati ke 9, Mas Ngabehi Soentoro di makam umum Kalirejo Kecamatan Lawang.

“Bagian Bintal akan meneruskan kegiatan ziarah ini ke makam mantan Bupati Malang lainnya yang ada di Samaan, Kasin, TMP dan Lawang. Tujuan kegiatan ini sebagai salah satu kwajiban kita sebagai generasi penerus dan muda dalam menghormati para leluhur. Kita ada ini karena ada para leluhur ini,” tambah Nurhasyim. (GT)

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button