DaerahHeadlineMalang

Jembatan Pelangi Bantur Diresmikan Gubernur Jatim

Malang,mitratoday.com – Jembatan Pelangi desa Srigonco kecamatan Bantur diresmikan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa kamis siang (7/4/2022).

Khofifah mengatakan jembatan pelangi tersebut merupakan salah satu proyek strategis nasional yang nantinya akan menjadi akses konektivitas yang akan menghubungkan kawasan Jalur Lingkar Selatan (JLS) hingga ke Kabupaten Blitar dan Tulungangung dan mampu menyambungkan ke Kabupaten Lumajang.

”Jika sudah menjadi salah satu proyek strategis Nasional maka diharapkan akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di Malang Selatan. Disana akan ada pertumbuhan ekonomi secara merata dengan adanya konektivitas tersebut,” kata Khofifah Indar Parawansa.

Tidak hanya disektor ekonomi saja, namun lanjut Khofifah dengan adanya konektivitas tersebut diharapkan akan mendorong tumbuh kembang kultur masyarakat. Jika kultur masyarakatnya sudah bagus maka progres pergerakan ekonomi masyarakat akan semakin maju.

Tidak hanya soal jembatan Pelangi saja, Khofifah juga menyebutkan jika status akses dari Gondanglegi ke JLS bakal diambil alih Pemerintah Pusat menjadi jalan nasional. Untuk itu dirinya meminta kepada Pemkab Malang untuk segera mempercepat proses pembebasan lahan sehingga Kementerian PUPR bisa segera mengalokasikan anggaran APBN untuk menggarap akses jalan dari Gondanglegi tersebut hingga JLS.

“Pemkab Malang bisa segera lakukan proses Pembebasan lahan, jika sudah bisa segera dikoordinasikan dengan Pemprov Jatim untuk kita kawal bersama ke Kementerian terkait sehingga segera bisa di eksekusi soal penganggaran. Minimal kita targetkan asal cepat, ditahun 2023 jalan Nasional tersebut bisa segera di garap pemerintah pusat,” tutur Khofifah.

Sementara Bupati Malang, HM Sanusi memuji perhatian besar Gubernur Jatim yang sangat intens membantu dan mengawal berbagai program pembangunan di Kabupaten Malang.

“Beliau (Khofifah) sudah kesekian kalinya ke sini, dan usai dikunjungi pasti ada sesuatu yang ditinggalkan, salah satunya mendorong percepatan pembangunan jembatan Pelangi ini, maka cita-cita bu Gubernur saat ini sudah terwujud,” tandas Sanusi.

Untuk itu dirinya berharap dengan perubahan status jalan Gondanglegi ke JLS menjadi Jalan Nasional, maka pembangunan infrastruktur jalan nasional tersebut bisa terealisasi di tahun 2023 mendatang.

“Ini termasuk koneksi dari Malang ke Lumajang melalui Sendangbiru, kalau bisa dengan mengepras perbukitan maka selain mudah, cost biaya yang dikeluarkan gak semahal jika harus membuat semacam terowongan,” tutur Sanusi.

Terakhir, Sanusi menyebutkan dirinya berangan-angan ingin menjadikan destinasi pantai Modangan Donomulyo untuk dijadikan venue berkelas internasional bagi olahraga Paralayang.

“Jika di Lombok ada Sirkuit MotoGP Mandalika maka kita ingin di Modangan bisa jadi venue internasional Paralayang,” tutup Sanusi.

Pewarta : Sigit

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button