DaerahHeadlineMalang

Jembatan Tua Desa Tambakrejo Dibongkar Binamarga

Malang,mitratoday.com – Jembatan tua yang berlokasi di desa Tamban desa Tambakrejo Sumbermanjing Wetan dibongkar total Dinas PU Binamarga Kabupaten Malang. Lokasi persisnya ada di jalan utama menuju wisata pantai Tamban.

Kepada Desa Tambakrejo Yonathan Saptoes menilai jika jembatan tersebut memang sudah waktunya di bangun karena usia bangunannya yang sudah tua.

Usia Jembatan itu sendiri lanjut Yonathan berusia sekitar 10 tahunan dan menjadi akses utama menuju pantai Tamban.

“Kita bersyukur karena sejak tiga minggu lalu jembatan desa ini dibangun. Ini menjadi harapan besar bagi kami, jembatan baru dengan spesifikasi yang kuat ,ukuran yang representatif dan memadai bisa mendatangkan kunjungan wisata di pantai Tamban,” kata Yonathan Saptoes, Senin (5/9/2022).

Terpisah Sekdin PU Binamarga, Suwignyo ST.MT dihubungi Mitratoday.com membenarkan jika Jembatan desa Tambakrejo saat ini tengah dibangun. Senada dengan Kades Tambakrejo, ia menilai jika jembatan tersebut memang sudah waktunya dibangun kembali dan menjadi salah satu skala prioritas Dinas PU Binamarga.

Hal ini selain karena usia jembatan yang sudah tua, arus kepadatan kunjungan wisata ke pantai Tamban kian hari kian ramai.

“Makanya di sana masuk salah satu skala prioritas program kerja kami di tahun 2022 ini,” ujar Suwignyo.

Nantinya jembatan Tambakrejo itu sendiri lanjut Suwignyo akan dilebarkan sekitar 1,5 meter dari lebar jembatan lama. Agar kokoh, pondasi jembatan menggunakan metode pemasangan crucuk.

Crucuk itu sendiri selain melakukan pengerukan hingga tanah paling keras untuk kemudian di pasang tiang bambu lewat sistem bor.

“Idealnya sama seperti paku bumi sebuah bangunan besar, tapi kita gunakan bambu masuk ke tanah paling keras, setelahnya kita stros kedalam untuk di lakukan pengecoran pondasi,” beber Suwignyo.

Teknik seperti ini lanjut Suwignyo, dinilai sangat penting lantaran beban kendaraan yang cukup berat dan padat akan lalulalang di akses menuju pantai Tamban itu sendiri.

Harus diperkuat karena lebar jembatan juga kita tambah dan beban kendaraan yang melintas musti kita hitung matang sehingga bangunan jembatan benar-benar kuat,” tandas Suwignyo.

Lantas berapa anggaran yang dibutuhkan, Suwignyo menjelaskan, pihaknya memplot anggaran sebesar Rp 850 juta dari APBD Tahun 2022.

Ia menambahkan jika ditahun ini pihaknya menggelontorkan anggaran sekitar Rp 26,1 miliar hanya untuk membangun jembatan. Ia mencatat ada sekitar 28 pembangunan jembatan. Rata-rata pembangunannya adalah dengan mengganti konstruksi jembatan.

Dilansir dari Lpse.go.id pembangunan Jembatan Tambakrejo tersebut tengah dikerjakan CV Cipta Jasa asal Kota Malang yang keluar menjadi pemenang lelang dengan nilai penawaran Rp.675.855.221,81.

Dari pantauan Mitratoday.com senin (5/9/2022) terlihat sejumlah pekerja tengah melakukan proses pembangunan, sementara alat berat backgoe tengah melakukan pengerukan pondasi tanah.

Pewarta : Sigit

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button