DaerahHeadlineMalang

Kades Di Wagir Di Lantik Bupati Malang, Ini Pesannya

Malang,mitratoday.com – Bupati Malang, HM Sanusi melantik Kepala Desa Sukodadi Kecamatan Wagir, Jumat pagi (29/7/2022).

Yakni Susilo Wahyudi (57) Warga Dusun Genderan desa Sukodadi Wagir yang terpilih menjadi Kepala Desa hasil Pilkades PAW pada 16 Juli 2022 lalu.

Usai melantik secara resmi, Bupati berpesan kepada Susilo Wahyudi untuk segera bekerja membangun desa Sukodadi menjadi lebih maju, dengan merangkul semua elemen masyarakat untuk bekerja membangun desa.

“Dirangkul semuanya, sudah gak ada lawan, semuanya teman dan saudara, ajak bangun desa agar lebih maju, mandiri, berdaya saing dan masyarakatnya sejahtera,” ujar Sanusi.

Selain itu Sanusi juga meminta agar setiap Kepala Desa memiliki mental yang kuat dan punya rasa pengabdian yang tinggi terhadap masyarakat.

“Jika memiliki mental kuat, kita optimis setiap kades akan totalitas mengabdikan dirinya kepada masyarakat tanpa menghitung sisi kerugian dan keuntungannya.” Ujar Sanusi.

Apalagi saat ini, kata Sanusi setiap desa mendapatkan support dari Pemerintah berupa DD dan ADD dengan jumlah mencapai miliaran rupiah. Jika mentalnya tidak kuat, pasti akan ada saja niatan untuk berbuat tidak baik dan menyalahgunakan penggunaan DD dan ADD.

“Harus dipahami dan dimengerti agar amanah dan tidak berurusan dengan Aparat Penegak Hukum. Setiap rupiah yang dikeluarkan dari DD atau ADD tersebut harus membawa manfaat bagi masyarakat,” tandas Sanusi.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Eko Margianto menjelaskan pasca di lantiknya Kades Sukodadi, Pemerintah bakal kembali menggelar Pilkades PAW desa Tulusbesar Tumpang untuk menggantikan Kades sebelumnya yang tersandung masalah hukum.

“InsyaAllah dalam waktu dekat ya, untuk mengisi jabatan kades (tuusbesar) sebelumnya,” terang Eko Margianto kepada Mitratoday.com.

Sementara soal pelantikan Kades Sukodadi itu sendiri Lanjut mantan Camat Kepanjen ini akan meneruskan sisa masa jabatan hingga bulan Juli 2025 mendatang.

“Sementara bagi Kades yang akan habis masa jabatannya di tahun 2023 mendatang, bakal digelar Pilkades serentak. Dari data yang ada tercatat 56 kades bakal berakhir masa jabatannya di tahun 2023 mendatang.” Tutupnya.

Pewarta : Sigit

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button