DaerahSerdang BedagaiSumatera UtaraWisata

Kadisporabudpar Sergai Lirik Potensi Wisata Manggrove Dan UMKM Keripik Bengkinang Kelompok Mekar

Serdang Bedagai,mitratoday.comBicara soal keindahan tentu tidak ada habisnya. Begitu besar keindahan anugerah Tuhan yang telah diukirkan di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

Berkunjung di Dusun V Desa Pematang Kuala terletak di Kecamatan Teluk Mengkudu Kadisporaparbud Sergai, Drs Zulfikar bersama Kabid Pariwisata Ibu Anita Pratiwi menelisik salah satu ekowisata yang cukup menarik yaitu hutan Mangrove. Ekowisata itu dibangun oleh Herman melalui kelompok Mekar yang didirikannya sejak tahun 2013 lalu, namun hutan mangrove ini perlu pembenahan agar dapat menjadi icon wisata di Serdang Bedagai dan hal inilah perlu dicari solusi agar ekowisata mangrove tetap lestari atas kreativitas Herman bersama kelompoknya.

Kadis Poraparbud Didampingi Kabid Pariwisata mengapresiasi kelompok Mekar. Menurutnya, langkah kecil tersebut dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan wisata di Serdang Bedagai.

Beliau Berpesan, ekowisata perlu mendapatkan perhatian khusus sambil diimbangi dengan usaha kecil menengah seperti yang dilakukan Imelda bersama ibu-ibu lainnya. Sehingga antara ekonomi, sosial-budaya, dan alam harus dilakukan secara optimal agar lestari.

“Mudah-mudahan ke depan antara Kelompok Mekar dan Disporaparbud Sergai dapat bersinergi, sehingga ekowisata bisa berperan besar dalam pemberdayaan dan meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar,” Pungkas Drs Zulfikar.

Hal Senada juga disampaikan Kabid Pariwisata Anita Pratiwi, menurutnya usaha pengolahan kerupuk rengginang kelompok Mekar memiliki rasa renyah dan gurih dengan mengolah kekayaan laut seperti ikan, udang dan sotong dicampur serta diolah dengan penganan tepung. Sehingga memilik beragam rasa dan akan disukai pembeli nantinya.

“Ke depan Disporaparbud Sergai akan melakukan pembinaan dan mempromosikan usaha kerupuk rengginang. Pembinaan diberikan dalam bentuk bagaimana cara mengolah secara higienis, mengemas dengan menarik dan cara-cara mempromosikan produk tersebut ke media sosial,” tutupnya

Pewarta : Marwan

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
error: