DaerahMalang

Kasus Covid-19 Capai 320 Orang, Pemkab Siapkan Tambahan Save House

Pewarta : Sigit

Malang,Mitratoday.com-Jumlah kasus pasien positif Covid di Kabupaten Malang sudah tembus angka 320 orang. Dikutip dari rilis resmi Satgas Covid-19 Kabupaten Malang per tanggal 10 Juli 2020, dari 320 kasus pasien positif Covid tersebut, 89 orang dinyatakan sembuh dan 22 orang meninggal dunia.

Mengantisipasi lonjakan yang cukup signifikan tersebut, Pemkab Malang tengah menyiapkan tambahan save house di Lawang dan Singosari. Meski untuk save house Singosari kata Kadinkes Kabupaten Malang Dr.drg.Arbani Mukti Wibowo belum ada komunikasi dengan disnaker.

“Kita siapkan save house di Lawang tepatnya di RSJ Radjiman Wediodiningrat, disana kita siapkan 4 ruangan dengan kapasitas setiap ruangan berisi 8 tempat tidur, artinya kapasitas keseluruhan mencapai 32 tempat tidur,” ujar Arbani jumat malam (10/7/2020).

Penambahan save house tersebut, lanjut Arbani lantaran save house di Rusunawa ASN Kepanjen sudah terisi penuh dengan pasien yang sudah sembuh, tapi harus menjalani isolasi mandiri di save house. Bahkan pasien yang sudah dinyatakan sembuh,beber Arbani harus antre untuk menjalani isolasi dk save house milik Pemkab Malang tersebut.

Arbani menambahkan, save house di Lawang tengah dilakukan pembenahan diantaranya memasang tirai yang sesuai standart kesehatan.

“Selain itu juga kita lengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti mesin cuci,tempat berjemur dan berbagai fasilitas lainnya, untuk mengantisipasi kejenuhan pasien selama menjalani isolasi di save house tersebut,”beber Arbani.

Arbani membenarkan bahwa Pemkab Malang sudah mengundang Direktur RSUD Dr.Iskak Tulungagung untuk mengetahui kiat penanganan covid di Tulungagung. Hal ini didasarkan atas keberhasilan tim medis menurunkan angka kematian.

“Harapan kami dari hasil konsultasi dengan Direktur Dr.Iskak ini bisa kita aplikasikan untuk menangani covid di Kabupaten Malang, meski tingkat penyebaran terus bertambah, tapi resiko angka kematian bisa di tekan. Idealnya angka kematian tersebut sekitar 2,5 persen dari total jumlah penduduk Kabupaten Malang,”tutup Arbani.

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button