BlitarDaerahHeadlinejawa Timur

Kecanduan Game Online Siswa SMA di Blitar Nekat Akhiri Hidup Karena Hp Disita Orang Tua

Blitar,mitratoday.com– Ini peringatan penting buat para orang tua agar anak tidak terlalu sering bermain gadget dengan memberi banyak kegiatan yang positif karena sering nya anak bermain gadget akan menjadi masalah yang serius .

Terutama jika gadget di pergunakan anak untuk bermain game online karena Game online nampaknya masih menjadi masalah serius bagi anak anak kita .

Di ketahui game online telah menjadi masalah yang perlu penanganan yang serius bagi siswa-siswi di Blitar Raya. Bahkan beberapa siswa telah masuk dalam kategori ketergantungan terhadap game online.

Seperti yang dialami oleh salah satu siswa SMA di Kecamatan Doko Kabupaten Blitar. SAN (17) pelajar SMA tersebut depresi dan memutuskan mengakhiri hidup usai HP-nya disita oleh sang orang tua.

Dihadapan polisi, sang orang tua menuturkan bahwa SAN (17) belakangan ini kecanduan main game online. Bahkan pelajar SMA tersebut mengurung diri di kamar hanya demi bisa bermain game online.

Orang tua korban yang kesal dengan perilaku anaknya akhirnya menyita HP yang biasa dibuat main game online. Bukan sembuh kecanduan, sang anak justru depresi hingga akhirnya memutuskan untuk mengakhiri hidup dengan gantung diri.

“Pada hari Sabtu tanggal 15 Juni 2024 saksi (orang tua korban) berangkat ke kota Blitar, meninggalkan korban di rumah sendiri dan baru kembali ke rumah sekira pukul. 12.30 WIB. Saat masuk kedalam rumah mendapati korban dengan posisi gantung diri di tangga menuju lantai 2 dengan menggunakan kabel listrik,” kata Iptu Heri Irianto, Kasi Humas Polres Blitar, Sabtu (15/06/2024).

Kini yang tersisa hanyalah kesedihan. Pihak orang tua yang ingin anaknya berhenti bermain game online justru justru harus kehilangan harta paling berharganya.

Permasalahan kecanduan HP hingga game online pada anak ini bukanlah hal yang sepele. Perlu pendekatan yang khusus agar anak tidak kecanduan terhadap HP dan game online.

Polres Blitar sendiri mengimbau kepada para orang tua agar lebih konsen lagi dalam melakukan pengawasan terhadap pergaulan anak terutama yang berkaitan dengan HP. “Betul, orang tua harus lebih dekat, perhatian dengan anak agar tidak terjadi seperti ini, perhatian khusus harus dicurahkan oleh orang tua,” bebernya.

Berikut cara untuk mengatasi kecanduan HP pada anak.

1. Membatasi Penggunaan Gadget

Untuk mencegah kecanduan, usahakan membatasi penggunaan gadget selama waktu yang dibutuhkan. Cobalah mencari aktivitas lain di waktu luang agar tidak terpaku dengan gadget.

Sebagai contoh, apabila Anda membutuhkan gadget untuk bekerja, maka batasi penggunaannya selama jam kerja saja. Matikan gadget usai bekerja dan alihkan perhatian dengan melakukan aktivitas lain.

2. Memperbanyak Aktivitas di Luar Rumah

Apabila cenderung lebih banyak bermain gadget saat di rumah, cobalah untuk mencari kegiatan di luar rumah. Anda juga bisa mencari hobi lain agar tidak bergantung dengan gadget di waktu luang.

Bagi anak-anak, coba ajak si kecil bermain di luar rumah seperti taman bermain atau rekreasi ke alam terbuka seperti pantai yang memungkinkan mereka bergerak dan bersosialisasi dengan teman sebayanya. Dengan begitu, diharapkan mereka akan teralihkan perhatiannya dari gadget. Lakukan kegiatan ini secara rutin hingga anak-anak mulai terbiasa menjalani hari tanpa penggunaan gadget yang berlebihan.

3. Hindari Penggunaan Gadget di Tengah Perjalanan

Hindari menggunakan gadget saat sedang di perjalanan, terutama jika Anda yang menyetir. Jika ada notifikasi penting, lebih baik tepikan kendaraan dan berhentilah sejenak untuk mengecek.

4. Hindari Gadget saat Bersama Orang Lain

Ketika sedang bersama orang lain, misalnya saat acara makan bersama, sebisa mungkin hindari penggunaan gadget selama acara berlangsung. Cobalah bersosialisasi dengan orang-orang di sekitar untuk meningkatkan rasa pertemanan dan kekeluargaan ( Novi )

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button