Keindahan Pesona Air Terjun Lemo Nakai Dipedalaman Kecamatan Hulu Palik

Pewarta : Sugiasta

Bengkulu Utara,Mitratoday.com-Air terjun merupakan destinasi wisata yang sering didatangi wisatawan baik lokal maupun luar. Dibengkulu Utara tepatnya di Desa Batu Roto Kecamatan Hulu Palik. Terdapat air terjun yang sangat indah dan ramai dikunjungi.

Air terjun ini dikenal dengan nama air terjun Lemo Nakai,  ada juga yang menyebutnya dengan sebutan curug hujan. Masyarakat sekitar telah lama mengetahui adanya air terjun tersebut.

Salah seorang pengelola wisata ini Irwansyah (32) saat diwawancara BE senin (8/2), mengatakan,“Masyarakat sekitar sudah lama mengentahui adanya air terjun tersebut namun mulai dijadikan objek wisata sekitar setahun,”Ujarnya.

Dikatakan olehnya,  jumlah pengunjung saat ini  tidak sebanyak sebelum pandemi berlangsung, saat ini sehari paling banyak dua ratus pengunjung.

“Kalau Sebebelum pandemi pengujung bisa sampai seribu bahkan tiga ribu orang,”Ungkapnya.

Jarak tempuh yang jauh dari Desa Batu Roto serta   medan yang licin teruma saat hujan membuat objek wisata ini sulit dijangkau.  Jarak dari Desa Batu Roto menuju air terjun ini sekitar  5 km yang dapat ditempuh dengan perjalanan darat   menggunakan motor. Untuk menuju air terjun pengunjung harus berjalan kaki sekitar 500 meter dari tempat penitipan motor, pengujung yang ingin menjungi air terjun diharapkan berhati-hati karena medan terjal yang dilalui ditambah sisi kiri dan kanan jalan adalah jurang yang curam.

Infrastruktur jalan yang masih berupa jalan tanah berbatu merupakan kendala utama dalam memajukan destinasi wisata ini.

“Sementara  ini pengelolaan masih dilakukan dengan cara swadaya masyarakat. kedepan kami berharap pemerintah bersama dinas terkait bisa membantu kami mengelola destinasi wisata ini terutama infrastruktur jalan mengingat potensinya yang sangat besar,” tuturnya.

Air terjun ini mengalir dari lembah yang sangat curam dengan lebar sekitar 20 meter. Disekitar air terjun banyak terdapat tumbuhan hijau yang merambat yang menambah hijau pemandangan. Bentuk air terjun yang melebar serta adanya batuan cadas membuat air terjun ini seperti hujan.

Dengan keindahan yang ditawarkan tiket masuk terbilang sangat murah, pengunjang hanya dipungut biaya lima ribu per orang untuk bisa menikmati keindahan air terjun lemonakai ini.

Bagikan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close