BlitarDaerahHeadline

Kemdikbudristek Membantu Terlaksananya Pagelaran Festival Etnik Budaya Desa Kemloko

Pewarta : Novian

Blitar,mitratoday.com-Festival Etnik Budaya Desa Kemloko Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar di gelar pada Sabtu malam (13/11/2021) dengan beragam penampilan oleh generasi muda Desa Kemloko.

Festival etnik Budaya Desa Kemloko di buka dengan penampilan Sinden Cilik yang pernah menjuarai sinden tingkat Kabupaten Blitar, dan diisi berbagai seni Budaya Desa Kemloko Kecamatan Nglegok.

Menurut Ketua Panitia Festival Etnik Budaya Desa Kemloko, Rofik Hidayah bahwa acara diselenggarakan oleh Kelompok Informasi Masyarakat bekerjasama dengan Karang Taruna dan berawal dari Disporbudpar mengirimkan Duta Budaya dari Desa Kemloko yang bernama Hadi untuk mengikuti Lokakarya Budaya Kemendikbud ristek di Jakarta.

Setelah itu Duta Budaya kembali ke Desa Kemloko untuk menggali budaya budaya yang ada di Desa Kemloko untuk di lestarikan agar tidak punah.

“Setelah dapat di inventarisir dari beberapa budaya dan seni di Desa Kemloko di gelar lah dalam sebuah festival Etnik Budaya Desa Kemloko pada malam ini,” ujar Rofik Hidayah.

“Kita berharap bisa menggelar acara seperti ini setiap tahun atau dua tahun sekali, dan kita juga kedepannya Desa Kemloko bisa di kukuhkan menjadi Desa Budaya, karena di Desa Kemloko satu satunya yang masih memiliki seni Reog Bulkio dan itu sudah diakui Kemdikbudristek.” Tandasnya.

Rofik menyampaikan bahwa semua acara murni anggarannya dari Kemdikbud ristek sebesar 42 juta.

“Tetapi bukan untuk acara ini saja, juga untuk men shut kesenian. Seperti Jedoran, Mocopat, dan Sawunggaling. Semua seni lalu di virtual kan, selanjutnya kirim ke kementerian,” ujar Rofik.

Sedangkan Kabag Kesra, Drs Hatta Mahfur Thoyib M.Si yang mewakili Bupati Blitar di acara tersebut mengatakan bahwa ia atas nama Bupati Blitar menyampaikan apresiasi.

“Saya atas nama Bupati Blitar mewakili acara ini, menyampaikan apresiasi setinggi-tinggi nya dan mengucapkan selamat kepada Desa Kemloko yang ditetapkan sebagai Desa Budaya oleh Kemdikbudristek. Mudah mudahan ini menjadi tauladan bagi Desa yang lain,” terang Hatta.

Pihaknya dari Pemerintah Kabupaten Blitar berharap semua potensi budaya yang ada di Kabupaten Blitar bisa diangkat kembali, dan di lestarikan, terutama bagi generasi milenial yang sekarang bisa mengenal budayanya.

“Terkait dipilihnya Desa Kemloko, itu penilaian dari Kemdikbud dan memang potensi budaya di Desa Kemloko cukup banyak. Semoga semua potensi budaya bisa berkembang, bukan hanya di Desa Kemloko,” ungkap Hata.

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
error: