DaerahMalang

Kemensos Minta Pemda Serius Data Masyarakat KPM BST

Penulis : Sigit

Malang,Mitratoday.com-Kementerian Sosial (Kemensos) RI meminta seluruh pemerintah daerah serius menangani permasalahan sosial di daerah. Salah satunya Bantuan Sosial (Bansos).

Direktur Penanganan Fakir Miskin wilayah III Kemensos RI.M.Asnandar menjelaskan, validasi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sangat dibutuhkan, agar Bantuan Sosial yang diberikan pemerintah tepat sasaran.

Pemda harus melakukan pemutakhiran data setiap tahunnya, karena pendataan ini kan bersifat dinamis,bisa berubah,seperti KPM yang sudah meninggal dunia, atau yang taraf kehidupannya sudah membaik,”ujar Asnandar kamis (18/6/2020).

Asnandar meminta pemutakhiran data ini dilakukan, karena dari hasil evaluasi selama ini masih ada saja Pemda yang membandel terkait pendataan KPM dengan mengirimkan data yang lama penerima Bansos.

“Contohnya seperti KPM Bantuan Sosial Tunai (BST) yang sempat jadi ,atensi lantaran data lama yang digunakan untuk menyalurkan BST di beberapa daerah,ini jangan sampai terjadi lagi, harus ada data terbaru yang valid, selain itu setiap tahun harus ada pemutakhiran secara masif,”tandas Asnandar

Meski,Asnandar mengakui juga masih banyak daerah yang selalu melakukan pemutakhiran data setiap tahunnya terkait KPM Bansos.

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button