DaerahHeadlineMalang

Kepala BPBD Digeser ke Dishub, Seperti Apa Penanganan Bencana di Malang?

Pewarta : Sigit

Malang,mitratoday.com-Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Bambang Istiawan digeser posisinya menjadi Kepala Dinas Perhubungan.

Menariknya, digesernya Kepala Pelaksana BPBD tersebut dilakukan di saat curah hujan yang sangat tinggi, dan potensi bencana alam yang sangat besar mengancam Kabupaten Malang.

Salah satunya seperti yang terjadi Hari Jumat sore Kemarin (19/11/2021), tiga wilayah diterjang bencana longsor dan banjir. Ketiga wilayah tersebut di antaranya desa Karangkates Kecamatan Sumberpucung, desa Plandi Wonosari dan desa Pandesari Kecamatan Ngantang dan butuh kebijakan cepat dari pimpinan BPBD.

Saat hal ini ditanyakan ke Bupati Malang, HM Sanusi mengaku bahwa tugas BPBD nantinya akan dikendalikan Pelaksana Tugas. Soal siapa Plt nya Sanusi belum mengaku, dan belum menunjuknya.

“Ya nanti akan ada Plt Kalak BPBD ya, soal penanganan bencana selama ini kan semua OPD kompak bergerak bersama, seperti banjir di Kepanjen, Dinas Binamarga, Ciptakarya, dan DPUSDA sudah bergerak bersama dan tuntas,” kata Sanusi minggu (21/11/2021).

Bukti lainnya, lanjut Sanusi adalah saat dirinya meninjau bencana longsor di Karangkates Sumberpucung, Plandi Wonosari, dan desa Pandesari Ngantang.

“Di Desa Karangkates, Saya langsung memerintahkan dinas terkait untuk segera memasang bronjong guna memperkuat bibir tebing yang tingkat kemiringannya sangat tajam tersebut.” ujarnya.

Ya antisipasi agar tidak terjadi longsor kembali, meski potensi bencananya kan juga besar karena curah hujan cukup tinggi,” tandas Sanusi.

Hal ini kata Sanusi, menandakan meski sosok Kepala BPBD digeser namun tidak menjadi kendala berarti.

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
error: