Daerahjawa Timur

Kepala BPBD Jember : “Relawan Menolong dengan Panggilan Nurani”

Jember, Mitratoday.com – Bertempat di halaman Kodim 0824 Jl PB Sudirman 46 Jember pada Rabu 06/12/2017 Pukul 19.00 Wib, dilaksanakan silaturahmi seluruh organisasi relawan kebencanaan se Kabupaten Jember dengan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember, Widi Prasetyo serta Komandan Kodim 0824 Letkol Inf Rudianto.

Kegiatan tersebut disamping dalam rangka mempererat tali silaturahmi antar organisasi relawan juga dalam rangka memperingati Hari Relawan Internasional yang jatuh pada tanggal 05/12/2017.

Hadir pada kesempatan tersebut diantaranya Tagana Jember, Mapala Jember, Orari Jember, Rapi Jember, dan organisasi relawan lainnya sekitar 500 orang dengan hiburan musik K2 Regge.

Acara yang dikemas dengan dialog dengan narasumber Komandan Kodim 0824 dan Ka BPBD Jember tersebut berjalan cukup menarik dan dikuti secara antusias oleh relawan yang hadir. Meskipun, hujan rintik-rintik sesekali masih turun di lokasi acara. Namun, acara tersebut sangat menjadikan sebagai kesempatan bersilaturahmi antar relawan.

Pada kesempatan tersebut Kepala BPBD Jember sebagai pemandu acara, sekaligus menjadi moderator yang memberikan pertanyaan seputar kebencanaan kepada Kepala BPBD maupun Dandim 0824 Jember dengan durasi sekitar 30 menit.

Beberapa statement dari Kepala BPBD Jember, Widi Prasetyo, pada acara tersebut diantaranya, bahwa dirinya sangat bangga terhadap keberadaan relawan yang sebegini banyak dan saat ini dapat berkumpul dalam satu tempat di Kodim 0824 ini dan keberadaan relawan ini sangatlah dibutuhkan. Sebab, mereka bergerak atas panggilan nurani untuk menolong sesamanya yang tertimpa bencana.

Selanjutnya, Widi Prasetyo, menyatakan bahwa ada 2 macam bencana yaitu bencana yang disebabkan oleh alam seperti banjir, tanah longsor, puting beliung dan lain-lain yang lebih diakibatkan dari faktor alam dan bencana sosial seperti pertikaian antar kelompok yang diakibatkan oleh sara, narkoba yang lebih sulit pola penanggulangannya.

Untuk itu, pada kesempatan yang baik ini, Widi Prasetyo, mengajak semua relawan ini untuk bersatu dan bersama-sama mengadakan penanggulangan baik bencana alam maupun bencana sosial tersebut.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto menyampaikan bahwa, Kodim 0824 Jember ini mendapat penghargaan Kodim Terbaik Nasional yaitu Adi Manunggal Utama Bidang Bakti TNI dari Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), dan itu berkat kemanunggalan kita TNI Bersama masyarakat di Jember ini termasuk rekan-rekan relawan.

“Untuk itu saya berterima kasih dan penghargaan itu adalah penghargaan kita semua”, kata Rudianto disambut tepuk tangan hadirin.

Terhadap keberadaan relawan Letkol Inf Rudianto menyatakan, sangat salut sekali, karena pada saat terjadinya longsor di Desa Jambesari Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember pada bulan yang lalu, keberadaan relawan inilah yang memiliki peran dominan bersama kita TNI, melakukan diskusi dan langsung bertindak sehingga korban dapat segera ditemukan.

“Untuk itu keberadaan relawan ini sangatlah dibutuhkan dalam menanggulangi saat terjadinya bencana mereka sangat bersemangat sekali, justru saya berharap para relawan ini memiliki satu wadah, sehingga lebih memantapkan kebersamaan mereka”, papar Rudianto.(sis24/ich)

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button