AdvertorialBengkuluBENGKULU

Kepala BPKAD Kota Bengkulu Sebut Dana TPG Triwulan I Sudah Disalurkan Setelah Disdik Selesai Administrasi

Bengkulu,mitratoday.com – Sebanyak 1.301 guru yang berada dibawah naungan Dinas Pendidikan (Dsidik) Kota Bengkulu sudah menerima tunjangan profesi guru (TPG) triwulan I. Bahkan, saat ini Pemkot sedang mempersiapkan pencairan TPG triwulan II agar tidak lagi mengalami keterlambatan lagi sama seperti TW 1.

Kepala Bidang Pembinaan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan kota, H Zainal Azmi MTPD membenarkan, para guru sudah mendapatkan TPG triwulan I melalui transfer ke rekening masing-masing guru penerima.

“TPG sudah disalurkan dan sudah di kirim ke rekening guru masing-masing yang berhak menerima,” papar Zainal, Senin, 3 Juni 2024.

Lanjut Zainal, untuk nominal TPG yang diberikan kepada guru beragam. Sebab, setiap orang memiliki jabatan dan golongan yang berbeda.

“Setiap golongan itu tidak sama sebab mengikuti golongan jabatan mereka,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, untuk total penerima TPG TW 1 itu sebenayak 1.301 orang. Dengan jumlah anggaran yang ditransfer Rp 17 miliar lebih. Untuk jumlah keseluruhan penerima ada 1.301 orang dengan rincian 130 guru Taman kanak-kanak (TK), guru Sekolah Dasar (SD) sebanyak 597 orang, serta untuk guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) berjumlah 558 orang. Terakhir, guru pengawas sebanyak 16 penerima.

Dengan rincian dana TPG untuk TK dengan 130 penerima sebesar Rp 1,7 miliar lebih. Kemudian dana TPG guru SD untuk 597 orang penerima sebesar Rp 8 miliar lebih. Selanjutnya, untuk guru SMP dengan jumlah 558 orang penerima sebesar Rp 7,3 miliar lebih. Terakhir, untuk guru pengawas dengan 16 orang penerima sebesar Rp 255 juta. Jadi, total TPG triwulan I berjumlah Rp 17.3 miliar lebih.

“Semua sudah kita salurkan dan itu berdasarkan data yang disetujui pusat, lebih kurang Rp 17 miliaran untuk triwulan I,” terang Zainal.

Ia mengatakan, 1.301 guru tersebut sudah dipastikan menerima TPG triwulan I. Kalaupun ada yang belum menerima, maka itu hanya kesalahan teknis. Setelah mencairkan TPG triwulan I, Disdik sedang mempersiapkan TPG triwulan II rencananya disalurkan Juli 2024 dan sekarang tahap pelengkapan administrasi.

“Untuk TPG triwulan II Juli nanti, namun kita lagi persiapan,” katanya.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) kota, Yudi Susanda juga membenarkan, bahwa memang TPG triwulan satu sudah disalurkan. Dan sudah di rekening masing-masing para guru. Hal tersebut masuk setelah pelengkapan berkas diberikan oleh pihak Disdik kota.

“Dana TPG sudah disalurkan untuk triwulan I, setelah Disdik selesai administrasi langsung kita kirimkan ke rekening penerima masing-masing,” jelasnya.

Untuk TPG triwulan II belum ada, sebab itu Juli mendatang. Namun, pihaknya mendorong agar Disdik kota mulailah mengurus pemberkasan sehingga tidak ada keterlambatan lagi.

“Untuk persiapan triwulan II kita tunggu petunjuk dari pusat juga pastinya. Namun untuk Disdik segera bersiap terkait data dan kelengkapan lainnya,” pungkasnya. (Adv)

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button