DaerahHeadlineMalang

Kepala Puskesmas Pakis Jadi Kadinkes, Dapat Tugas Khusus Bupati Malang

Malang,mitratoday.com – Kepala Puskesmas Pakis drg.Wiyanto dipercaya Bupati Malang HM.Sanusi menjadi Kepala Dinas Kesehatan setelah di lantik di Pendopo Agung Pemerintah sabtu siang (17/9/2022).

Wiyanto sendiri dipilih setelah menjalani sejumlah seleksi selama hampir tiga bulan dihadapan panitia seleksi Pemkab Malang.

Pelantikan Wiyanto sendiri terang Kepala BKPSDM Nurman Ramdansyah sudah tidak ada masalah.

“Sudah clear, tidak ada masalah dan sudah mengantongi rekomendasi dari Komite Aparat Sipil Negara (KASN),” ujar Nurman Ramdansyah.

Artinya meski jabatan Kepala Puskesmas adalah jabatan fungsional namun tidak masalah saat dipercaya menjadi pejabat eselon 2 sekelas Kepala Dinas.

Lantas apa tugas khusus yang dibebankan kepada Wiyanto, Sanusi memberikan tugas khusus kepada Wiyanto untuk memperbaiki kualitas layanan dibidang Kesehatan.

“Nilai layanan kesehatan ini 32, saya minta kadinkes baru turun tangan kebawah untuk mengetahui ada apa kok nilai layanan kesehatan rendah,” tandas Sanusi.

Diakui oleh Sanusi, hingga saat ini dirinya masih mendapatkan laporan soal rendahnya layanan kesehatan di Kabupaten Malang. Dari laporan yang ia terima, layanan kesehatan dikabupaten malang masih menggunakan pola lama dan cenderung arogan.

Kadinkes harus bisa merubah pola layanan lama ini, rubah mainset yang ada di masyarakat, berikan layanan yang terbaik kepada masyarakat. Ojok takon biaya disek, layani dengan baik baru tanya biaya,” tegas Sanusi.

Untuk merubahnya, Sanusi memberikan waktu setahun kepada Kadinkes baru, jika tidak mampu maka dirinya menandaskan agar siap-siap mengevaluasi dan menggantinya.

Pemerintah sendiri lanjut Sanusi saat ini terus membenahi Puskesmas di Kabupaten Malang menjadi Puskesmas Prototype dengan segala fasilitas yang ada.

Tercatat di tahun 2021 kemarin dua puskesmas Prototype dibangun Pemkab, diantaranya Puskesmas Sumbermanjing Wetan dan Puskesmas Wonokerto Bantur.

“Secara bertahap kita akan menjadikan seluruh Puskesmas menjadi Puskesmas Prototype.” Tutup Sanusi.

Pewarta : Sigit

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button