AdvertorialBengkuluBENGKULU

Ketika Misi Kemanusiaan Lebih Mulia di Atas Kewenangan

Kota Bengkulu,mitratoday.com-Banyak orang orang susah yang mungkin luput dari perhatian pemerintah. Banyak pula yang mengadu ke pemerintah tapi tak semua mendapat solusi. Berbeda dengan Walikota Bengkulu Helmi Hasan baru baru ini sering mendapat keluhan warganya. Di antaranya perihal ijazah siswa yang ditahan karena tunggakan SPP, bahkan warga yang sakit yang membutuhkan sentuhan pemerintah. Helmi Hasan membuktikan setiap laporan warga ditindaklanjuti dengan asas kemanusiaan serta bentuk kepedulian yang tak ada batasnya.

Berikut Laporan Tim Media Center Kominfo Kota Bengkulu dari Kabupaten Seluma

Bagi Helmi Hasan, membantu masyarakat, baik itu warga kota atau kabupaten lain bukanlah persoalan siapa kewenangan yang menanggungnya, melainkan sebuah misi kemanusiaan dan gerakan hati nurani yang membuat dirinya tak ada batasan dalam membantu masyarakat. Beberapa waktu lalu, Walikota Bengkulu Helmi Hasan mendapatkan pesan dari salah satu warganya di Kelurahan Kandang Mas atas nama Yessi Aritonang. Yessi mencoba melaporkan kondisi keluarganya di Kabupaten Seluma yang sedang krisis (susah) dikarenakan ayahnya (Edi) sebagai kepala dan tulang punggung keluarga mengalami kecelakaan saat kerja dan menjadi lumpuh. Mirisnya lagi, Edi ternyata telah 9 bulan tak berdaya ditempat tidurnya.

Lebih sedihnya lagi, kelumpuhan Edi juga berdampak terhadap pembiayaan sekolah anak bungsunya. Benar saja, selama 9 bulan itu Edi tak lagi bekerja, sedangkan istrinya juga tak bisa berbuat banyak karena setiap harinya menjaga dan mengurusi Edi.

Helmi seketika terketuk hatinya mendengar hal itu, ia pun langsung memerintahkan Lurah Padang Serai yang memiliki akses mengenai informasi disana dan membantu warga seluma tersebut. Selasa (24/8/2021), bertolak dari Kota Bengkulu, Lurah Padang Serai Bambang Irawan dengan mobil ambulans kampung melayu menyambangi rumah Edi di Kabupaten Seluma.

Setelah menempuh kurang lebih satu jam perjalanan, Bambang tiba dikediaman Edi. Benar saja, setibanya disana, Bambang melihat kondisi yang memprihatinkan dari rumah Edi, mulai dari rumah semi permanen dengan dinding mayoritas papan daripada bata, bahkan tak semua berlantai semen.

Tanpa basa-basi, Bambang menyampaikan pesan dari Walikota Bengkulu Helmi Hasan yang mengirimkannya untuk membantu biaya berobat dan biaya sekolah anaknya.

“Kita disini karena salah satu anak dari bapak Edi ialah warga kota, kemarin mengirimkan pesan WA ke Walikota bahwa bapaknya sedang lumpuh dan adiknya terkendala biaya untuk sekolah,” sampai Bambang.

Ia juga menyampaikan bahwa kehadirannya disana ialah atas misi kemanusiaan.

“Ini misi kemanusiaan, miris emang melihat Edi yang menjadi tulang punggung sudah tak mampu mencari nafkah karena terbaring lumpuh akibat kecelakaan yang dialaminya,” jelas Bambang.

Mediasi Lurah Padang Serai dengan pihak SMKN 3 Kabupaten Seluma

Terkait masalah biaya sekolah atas anak Edi bernama Edwar Bernando Aritonang, Bambang menyambangi SMKN 3 Seluma untuk melakukan mediasi terkait penjelasan biaya sekolah yang tak lagi mampu dibayarkan Edi.

“Iya, kita tadi melakukan mediasi kepada pihak sekolah dan alhamdulillah semuanya berjalan baik. Pihak sekolah pun menyambut baik maksud kita, dan kabar baiknya, anak kita (Edwar) ini dapat diakomodir oleh pihak sekolah melalui program komite sekolah dan sudah diinput,” ungkap Edi.

Sementara, pihak SMKN 3 Seluma diwakili Waka bidang kesiswaan Sutijo Joko Sudiro merespon kedatangan Lurah Padang Serai Bambang Irawan.

“Ketika memang ada kejadian (orangtua sakit) seperti ini dan tak mampu membayar biaya sekolah tentu akan kita bantu dan diusulkan ke komite sekolah. Jadi akan ada pengajuan bebas biaya SPP dan pengusulan beasiswa yang ada di dapodik,” ujar Sutijo.

Ia juga menyatakan bahwa hal mendesak seperti yang dialami Edwar akan menjadi prioritas pihak sekolah.

“Hal seperti ini menjadi prioritas kita agar siswa tetap sekolah dan belajar dengan tenang serta akan ditindaklanjuti secepatnya,” tambahnya.

Sementara itu Bambang mengucapkan terimakasih atas respon pihak SMKN 3 Seluma yang langsung mengakomodir aduan kendala biaya sekolah tersebut.

“Terimakasih pak atas kerjasamanya, semoga ini menjadi keberkahan untuk kita semua,” ucap Bambang.

Ucapan terimakasih warga Kabupaten Seluma setelah dibantu Walikota Bengkulu Helmi Hasan

Ribuan terimakasih diucapkan anak ke dua dari Edi, Yessi Aritonang tak menyangka bahwa aduannya langsung ditindaklanjuti Walikota Helmi.

“Awalnya itu lihat story kakak angkat, isinya pak walikota membukakan diri untuk membantu warganya dan melayani melalui whatsapp (WA) nya. Kakak saya juga langsung suruh mencoba siapa tahu dibantu,” ujar Yessi.

Yessi pun sempat bingung, karena orangtua serta adiknya berada di Kabupaten Seluma dan bukan semestinya kewenangan Walikota Helmi.

“Bingung awalnya, takut tak direspon tetapi alhamdulillah pak Helmi Hasan membalasnya dengan cepat dan insya allah akan dibantu katanya,” jelasnya.

Ia pun sangat bersyukur atas bantuan yang diberikan Walikota Helmi Hasan.

“Terimakasih pak, ini semua meringankan beban keluarga saya,” kata Yessi sambil meneteskan air mata.(Adv).

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
error: