BlitarBudayaDaerahHeadline

Kharisma Febriansyah Calon Anggota DPR RI Dari Gerindra Ikut Beradu Ketangkasan Dalam Tradisi Tiban

Blitar,mitratoday.com – Sudah menjadi tradisi utama pada musim Kemarau masyarakat Jawa Timur khususnya di Kabupaten Blitar, Kediri, Tulungagung dan sekitarnya menggelar tradisi kesenian tradisional Tiban.

Tiban merupakan tradisi atau ritual rakyat yang turun-temurun menjadi bagian kebudayaan masyarakat Jawa Timur, dan Tiban merupakan tradisi budaya yang melibatkan dua orang dewasa yang beradu ketangkasan bela diri layaknya petinju di atas ring.

Namun cara bertarungnya menggunakan cambuk yang terbuat dari rotan. Cara mencambuknya bergantian, masing-masing petarung mendapatkan giliran tiga kali mencambuk lawan.

Ferdians Reza Alvisa atau akrab di panggil Alvis menggelar acara Tradisi leluhur teraebut di Desa Sawentar Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar.

Acara di hadiri Sekretaris DPD Partai Gerindra Jawa Timur, Kharisma Febriansyah, Anggota DPRD Kabupaten Blitar, Ratna Dewi Nirwanasari SS,SH,MKN, dan Sugianto SE.

Dalam Sambutannya Kharisma Febriansyah yang juga Calon Anggota DPR RI dari partai Gerindra ini mengatakan bahwa Tiban merupakan tradisi leluhur serta kesenian ketangkasan bela diri dengan mencambuk lawan ataupun menghindari cambukan.

“Ketika tersakiti, demi tetap utuhnya persaudaraan, persatuan dan Kesatuan antar warga yang diundang dari Tulungagung ataupun dari Blitar,” ujar Kharisma.

Menurutnya, hal itu merupakan olah mental bagaimana mampu tetap bertahan diatas ring.

“Karena tanpa mental yang kuat serta jiwa yang besar. Mustahil bangsa Indonesia menjadi Bangsa yang besar dan disegani bangsa yang lain jika tak miliki jiwa dan mental yang kuat.” Jelasnya.

Selanjutnya, Kharisma Febriansyah Calon Anggota DPR RI dari Dapil Tulungagung,Kediri Blitar ini juga menjelaskan jika mental ini tidak di bina, maka tidak ada etos kerja untuk mampu membangkitkan bagaimana perekonomian meningkatkan kesejahteraan bersama.

“Mari bersama-sama kita berolahraga, berolah jiwa, mental, dan demi kebesaran bangsa Indonesia. Semoga Tuhan yang Maha Esa, Allah SWT memberkati perjuangan Kita,” pungkas Kharisma Febriansyah, Calon Anggota DPR RI yang sering turun langsung temui rakyat.

Dalam Acara Tradisi Tiban itu juga Kharisma Febriansyah ikut turun langsung dalam tradisi Tiban dengan bertelanjang dada masuk diring menghadapi lawan untuk dicambuk.

Pewarta : Novi

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button