DaerahPolitikSerdang BedagaiSumatera Utara

Kinerja P2KD Mariah Nagur Tuai Sorotan Sejulmlah Element Masyarakat

Serdang Bedagai,mitratoday.comKinerja Panitia Pemilihan Kepala Desa Mariah Nagur Kecamatan Sipis Pis Kabupaten Serdang Bedagai terus menuai sorotan sejumlah elemen masyarakat.

Selain menuding tidak netral karena masih keluarga dekat calon Kades Petahana kini P2KD dianggap tidak profesional mengikuti peraturan.

“Kami masyarakat Desa Mariah Nagur menolak lokasi letak TPS 2 yang berada di Dusun 3, khawatir bakal ada kecurangan, dan yang jelas dari jumlah pemilih saja lebih banyak di Dusun 2 dibanding Dusun 3 dan 4.” Kata Gerhanuddin Warga Dusun II.

Menurutnya, hal itu jelas sudah melanggar Perbup Bab 3 Pasal 7 yang menyebutkan Penetapan lokasi sebagaimana disebutkan pada ayat 1 diatur dengan melihat letak geografis dan jumlah sebaran penduduk.

Selain itu, Gerhanuddin menganggap hal tersebut mengundang kecurigaan warga terhadap P2KD. Warga menuding di P2KD ada permainan diluar regulasi.

“Sebab di Dusun 3 merupakan basis Calon Kades Petahana, sehingga diduga memudahkan mereka mengatur jumlah suara bahkan warga beralasan selama ini setiap pelaksanaan Pilpres, Pilkada maupun Pileg lokasi TPS itu berada di Dusun 2, kenapa sekarang pelaksanaan Pilkades dipindahkan P2KD di Dusun 3, inikan mustahil,” Ucap Gerhanuddin,¬† Sabtu (20/3/2022).

Hal senada juga disampaikan Trianto Silalahi Warga Dusun 2, menurutnya dengan banyaknya pemberitaan soal Hastag Ganti Kades 2022 di soroti sejumlah media membuat calon Kades petahana semakin kepanasan.

“Sehingga patut diduga P2KD yang juga masih keluarga dekat calon kades petahana mempertahankan TPS 2 di Dusun 3, karena tempat itu merupakan basis pemilih calon kades petahana,” Ujar Trianto Silalahi.

Sementara itu, Andong Sihotang Calon Kades Nomor Urut 2 ditemui Awak Media dengan tegas mengatakan menolak dan tidak menyetujui lokasi TPS 2 di Dusun 3 bahkan penolakan itu sudah disampaikannya melalui rapat calon kades bersama P2KD pada Jumat 18 Maret 2022 di Kantor Pemerintah Desa.

“Apabila itu tidak di respon, maka saya meminta pelaksanaan Pilkades segera ditunda,” Tegas Andong.

Terpisah, Ketua P2KD Desa Mariah Nagor Christian saat dikonfirmasi Wartawan melalui WhatsApp belum memberikan tanggapan atau komentar.

Sementara itu Anggota P2KD Desa Mariah Nagur mengaku bermarga Saragih saat dikonfirmasi melalui telephone mengatakan bahwa persoalan itu ia tidak berhak memberikan jawaban.

“Kalau informasi yang hendak diberikan, harus melalui forum P2KD. Jadi kami tidak berhak memberikan komentar,” tuturnya.

Pewarta : Marwan

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button