AcehAceh TamiangDaerahHeadline

Kluster Percontohan Budidaya Udang Vaname di Aceh Tamiang Hasilkan 35 Ton

Aceh Tamiang,mitratoday.com – Pemerintah melalui Kementrian Kelautan Dan Perikanan Republik Indonesia terus berupaya untuk menyokong perekonomian masyarakat dengan berbagai program, salah satunya Kluster Percontohan Budidaya Udang Vaname di Kampung Dagang Setia, Kecamatan Manyak Payed, Kabupaten Aceh Tamiang. Rabu (13/04/22).

Kluster yang dikelola masyarakat melalui Pokdakan Mina Jaya Tamiang ini berhasil menyulap Tambak Tradisonal Masyarakat Menjadi Tambak Intensif, bahkan Kluster Budidaya udang vaname ini mampu menghasilkan 35 Ton udang pada panen puncak dengan ses 34 ekor/Kg.

Ketua Pokdakan Mina Jaya Tamiang, Tajriansyah mengatakan sedikitnya ada delapan hektar tambak dengan rincian 8 kolam produksi dan 2 tandon pembuangan yang dijadikan Kluster Budidaya Udang Vaname ini dengan total benur yang ditabur sebanyak 200 juta ekor.

“Hari ini kita melakukan panen puncak bertagan di usia udang 110 hari dengan size 34 dan Alhamdulillah hasilnya mencapai 18 ton dan ini sesuai target yang diharapkan Kementrian KKP,” ujar Tajriansyah sembari merincikan bahwa sebelum dilakukan lanen puncak juga telah dilakukan 4 kali panen parsial dengan total hasil sebanyak 17 ton udang vaname.

Tajriansyah mengatakan dari hasil siklus pertama ini, didapati bahwa percontohan budidaya udang vaname ini memiliki potensi cukup besar untuk dikembangkan di Wilayah pesisir Aceh Tamiang dengan nilai ekonomis yang cukup tinggi.

“Karena daerah kita punya potensi dan hasil siklus pertama sangat memuaskan maka untuk siklus kedua nanti Pokdakan Mina Jaya Tamiang telah menyiapkan lahan pengembangan seluas 2 hektar dengan rincian 4 kolam produksi dan 2 tandon pembuangan dan direncakan akan ditabur 600 ribu benur udang vaname,” tutur Tajriansyah.

Selain pengembangan tambak produksi, dirinya mengatakan untuk siklus kedua nantinya lahan 8 hektar ini akan dijadikan 10 kolam produktif dan 2 tandong pembuangan.

“Ada penambahan 2 kolam produksi yang sebelumnya cuma 8 kolam di siklus pertama dan disklus kedua akan menjadi 10 kolam dan direncanakan akan ditabur 2 juta lebih benur udang vaname,” sebut Tajriansyah.

Dirinya berharap, melalui kluster percontohan udang vaname ini nantinya mampu menyokong perekonomian masyarakat pesisir khususnya yang tergabung di Pokdakan Mina Jaya Tamiang. “Kita juga memberikan kesempatan kepada masyarakat lain untuk ikut mengembangkan budidaya udang vaname ini,” tukas Tajriansyah.

Saat dilakukan sortir udang ses 34 ekor/Kg oleh anggota Pokdakan Mina Jaya Tamiang yang diketuai oleh Tajriansyah.

Pewarta : Apriansyah

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button