AdvertorialBENGKULUHeadline

Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu Dorong Serapan Anggaran Program JKN-KIS

Bengkulu,mitratoday.com – Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu menyorot keberadaan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang juga dialokasikan pada dana APBD Provinsi Bengkulu.

Sorotan itu diberikan dari hasil kunjungan ke kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu selaku mitra kerja, pada Jumat (27/5/2022).

Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu Edwar Samsi mengaku, ada beberapa point penting yang dibahas dalam pertemuan dengan jajaran Dinkes Provinsi.

Diantaranya terkait program JKN-KIS, yang realisasinya tidak terserap maksimal padahal sudah dialokasikan anggaran sekitar Rp 33,4 miliar bersumber dari APBD Provinsi.

“Program yang sangat dibutuhkan dan ditargetkan menyentuh masyarakat terutama yang tergolong tidak mampu, dalam perjalanannya tidak terserap secara maksimal. Penyebabnya karena kekurangan kepesertaan, yang datanya berdasarkan usulan langsung dari pemerintah kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu,” kata dia.

Adanya fakta tersebut lanjut Edwar, sangat di sayangkan, apalagi kekurangan yang dimaksud mencapai 30 ribu. Apalagi program ini merupakan kesempatan bagi pemerintah untuk meringankan masyarakat pada sektor kesehatan.

“Kita mendorong agar Dinkes Provinsi dapat berkoordinasi dengan kabupaten/kota, sehingga serapannya nanti dapat maksimal,” imbuh dia. 

Kepala Dinkes Provinsi Bengkulu Herwan Antoni mengatakan, pihaknya segera menindaklanjuti saran dari Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu, dengan harapan serapan anggaran untuk JKN-KIS ini bisa maksimal dan menyentuh masyarakat.

“Apa yang menjadi kendala yang kita hadapi dalam realisasinya menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan kedepannya,” kata Herwan. (Adv)

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button