AdvertorialBengkuluHeadline

Pemprov Bengkulu Gelar Peringatan Bulan Bhakti Pancasila

Bengkulu, mitratoday.com – Pemerintah Provinsi Bengkulu peringati hari puncak bulan bhakti pancasila yang hadiri oleh Plt. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, bersama Sekertaris Jenderal Kementrian Dalam Negeri Hadi Prabowo  serta ribuan peserta lainnya yang terdiri dari Forkopinda Provinsi Bengkulu, di Rumah Bung Karno, Anggut Kota Bengkulu, Sabtu (30/6/2018).

Acara ini di mulai dengan melakukan jalan sehat  juga di meriahkan dengan pertunjukan beberapa tarian daerah, kemudian dilanjutkan dengan mengenal sejarah rumah kediaman waktu pengasingan Bung Karno sekaligus nonton bersama Film sejarah pengasingan Bung Karno.

sebelum memulai acara Plt. Gubernur Rohidin Mersyah, Sekjen Mendagri, dan ribuan peserta lainya mengawali aktivitas dengan melakukan jalan sehat dari titik start Rumah Pengasingan Bung Karno, Masjid Takwa, melawati Anggut Atas, Simpang Tiga Penurunan, Simpang Lima hingga kembali lagi ke Rumah Pengasingan Bung Karno.

Plt Gubernur Bengkulu dan Sekjen Kemendagri serta seluruh peserta disambut dengan tarian adat dari salah satu wilayah di Bengkulu, diantaranya adalah tarian Redab Betine.

Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat acara resmi dimulai dalam sambutannya mengatakan bahwa menjadi kebanggaan tersendiri ketika Provinsi Bengkulu sebagai tuan rumah hari puncak peringatan Bulan Bhakti Pancasila yang dilaksanakan tepat di depan rumah Pengasingan Bung Karno ,  Anggut Kota Bengkulu.

“Mari kita maknai hari bulan bhakti pancasila ini secara positif dan dan betul-betul mendalam, dalam hati nurani kita bersama,” ucap Rohidin.

“Dan bila pancasila harus betul-betul menjadi sebuah nilai idealogi pemersatu, sekaligus mengikat rasa kebersamaan sebagai anak bangsa dan yang jauh lebih penting dari itu akan semakin menjamin eksistensi kedaulatan sehingga bangsa kita betul-betul jaya dimata dunia berdaulat baik secara ekonomi, politik dan keberagaman Budaya sehingga menjadi kekayaan yang bisa dibanggakan Provinsi Bengkulu dan Indonesia secara keseluruhan,” tambahnya.

Selanjutnya, Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo  juga mengatakan bulan Juni sebagai bulan yang sangat bersejarah bagi Indonesia, mulai tanggal 1 sampai tanggal 30 telah dilaksanakan berbagai jenis kegiatan, diantaranya adalah pemugaran situs Bung Karno, pembersihan rumah Bung Karno di Bangka Belitung, pembersihan dan pengecatan situs makam Bung Karno di Jawa Timur, forum dialog revitalisasi nilai-nilai pancasila, upacara bendera peringatan hari lahir Pancasila di Nusa Tenggara Timur, upacara penutupan hari lahir pancasila di Maluku, dan pagi ini di Bengkulu dilaksanakan jalan sehat serta pembersihan situs rumah Bung Karno.

“Pancasila merupakan warisan besar yang harus dirawat oleh anak bangsa, selama 73 tahun Pancasila telah bertahan meskipun dalam perkembangannya ada berbagai guncangan dan gempuran, tapi hingga saat ini Pancasila tetap tegak berdiri kokoh,” ucap Hadi.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada plt gubernur, Walikota dan seluruh jajaran SKPD yang telah bekerja sama, bahu-membahu dan saling melengkapi sehingga acara ini telah dapat dilaksanakan sesuai jadwal waktu yang telah ditentukan,” tutup Hadi. (ADV/Dian)

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button