Home » Daerah » Bengkulu » Kota Bengkulu Komitmen Pertahankan Swasti Saba Wistara

Kota Bengkulu Komitmen Pertahankan Swasti Saba Wistara

Bengkulu, Mitratoday.com  – Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi meminta agar prestasi Kota Sehat Swasti Saba Wistara di Kota Bengkulu tetap dipertahankan pada tahun 2019. Dia pun meminta agar Peraturan Daerah (Perda) Kawasan Tanpa Rokok (KTR) dilaksanakan secara maksimal.

“Nanti Diskominfo harus menggencarkan sosialisasi terkait larangan merokok di perkantoran. Satpol PP juga boleh sesekali melakukan razia,” kata Dedy Wahyudi saat membuka Pertemuan Rutin Forum Kota Sehat dan Tim Pembina Kota Sehat Kota Bengkulu, di Ruang Hidayah Kantor Walikota, Bentiring, Kamis (20/12).

Selain itu, Dedy juga meminta agar iklan-iklan rokok diminimalisir. Karena itu juga akan masuk dalam kriteria penilaian kota sehat.

“Nanti Dinkes coba berkoordinasi dengan DPM-PTSP,” imbuhnya.

Tak hanya itu, ia juga meminta semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mendukung kota sehat ini dengan tupoksinya masing-masing.

“Dishub misalnya menjamin semua traffic light menyala. Karena kalau tidak menyala berarti berpotensi terjadi kecelakaan,” kata dia.

Terkait pangan dan gizi, lanjutnya, harus dibuat perkebunan organik. Nanti Dinas Pertanian dan Dinas Kesehatan harus memiliki binaan khusus untuk penanaman sayuran organik.

“Kalau begini kan kongkrit,” tegasnya.

Menurutnya mempertahankan prestasi lebih susah daripada merebutnya. “Terimakasih kepada forum kota sehat yang telah bekerja, nanti lakukan studi ke kota-kota yang baik untuk kita tiru,” kata Dedy.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu Susilawaty menyampaikan dilaksanakan kegiatan ini dalam rangka penyusunan persiapan dokumen untuk penilaian kota sehat tahun depan. “Kita ingin mempertahankan Swasti Saba Wistara pada tahun 2019,” ucapnya.

Ia juga menjelaskan, ada 7 (tujuh) tatanan yaitu :
Pemukiman, sarana dan prasarana umum sehat,  kawasan sarana lalu lintas dan pelayanan transportasi, kawasan industri & perkantoran sehat, kawasan pariwisata sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat yang sehat mandiri, serta kehidupan sosial yang sehat.

Dalam pertemuan ini tampak hadir, Ketua Tim Pembina Kota Sehat, Forum Kota Sehat, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan para Kasi Kesejahteraan Sosial Kecamatan.

Untuk diketahui, Kota Bengkulu telah mendapatkan 3 kali penghargaan Kota Sehat dari Kementerian Kesehatan yaitu Swasti Saba Padapa tahun 2013, Swasti Saba wiwerda di tahun 2015, dan Penghargaan Kota Sehat tertinggi Swasti Saba Wistara di tahun 2018.

(Tp/rilis)

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

12 + 19 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.