Kreatifitas Pengrajin Anyaman Bambu Dan Rotan Sekitar Area Wisata Lemo Nakai Desa Batu Raja R BU

Pewarta : N Efendi

Bengkulu Utara,mitratoday.com-Virus covid-19 dalam beberapa minggu terakhir ini semakin melandai, baik di wilayah Provinsi Bengkulu maupun daerah lain yang ada di Indonesia.

Para Ibu-ibu saat melakukan penganyaman bambu

 

Terkait hal itu, tentu upaya pemerintah dalam Kembali membangkitkan kondisi ekonomi terus dilakukan guna membantu keadaan masyarakat yang selama ini terpuruk akibat dari bencana covid-19 ini.

Seperti halnya yang dilakukan Desa Batu Raja R Kecamatan Hulu Palik Kabupaten melalui kelompok sadar wisata (Pokdarwis), yaitu dengan melakukan Pembinaan pengrajin bambu untuk memperkenalkan kreatifitas dalam mengembangkan bakat dan minat masyarakat di sekitar lokasi area destinasi Lemo Nakai.

“Hal ini kita laksanakan dengan menjalin kerja sama terhadap semua pihak, memadukan kegiatan pariwisata dengan aspek kreatifitas berbasis ekonomi,”Kata Kamarudin, S.Pd.I kepada media ini.

Hasil Kerjaninan Anyaman Bambu

Selain itu Komar menyampaikan bahwa hal itu merupakan salah satu upaya dari Pokdarwis dalam mendorong bangkitnya ekonomi masyarakat ditengah pandemi.

“Ini salah satu upaya kita dalam mendorong bangkitnya perekonomian masyarakat ditengah pandemi, apa lagi saat ini covid-19 sudah mulai melandai.”Ujar Komar Pada Kamis (30/09/2021).

Komar menjelaskan, tidak semata-mata hal itu dilakukan hanya sesaat saja.”Karena kita di Desa Batu Raja R ini memiliki wisata Lemo Nakai, tentunya hal ini juga diharapkan dapat menunjang kreatifitas yang ada agar nantinya para pengunjung sepulang dari berwisata dapat membeli hasil kerajinan sebagai bentuk oleh-oleh yang ada guna membantu pengembangan wisata,”Jelas Komar.

Ia berharap kerajinan yang ada tersebut tidak hanya dilakukan oleh ibu-ibu setempat, melainkan adanya ketertarikan pemuda desa dalam mempertahankan kerajinan lokal.

“Ya, harapan kita tidak hanya ibu-ibu saja yang berkreasi kerejinan tersebut, kita  tentu berharap kepada para pemuda selaku generasi milenial juga dapat berkreatifitas seperti halnya yang kita laksanakan hari ini,”Harapnya.

Tampak Seoarang pengrajin dalam menganyam rotan

Lebih lanjut Komar juga berharap adanya dukungan dari berbagai pihak agar hal ini dapat berkembang dan maju, khususnya kepada pihak pemerintah.

“Kita juga sangat berharap kepada staekholder terkait dapat mendukung ini dengan serius agar lebih maju. Baik dari pemerintah daerah, maupun pemerintah pusat. Kami dari pokdarwis juga sangat bersyukur dan berterimakasih kepada pihak Pemerintah Desa telah mendukung kerajinan ini. Karena ini juaga merupakan program unggulan POKDARWIS Lemo Nakai dalam pengembangan dan pemberdayaan masyarakat, smga ini menjadi awal yang baik dan menjadi harapan kita dimasa mendatang.”Ungkap Komar.

Bagikan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
Close
Close