Kukuhkan Desa Serang Sebagai Nominator ADWI, Bupati Blitar Berbalas Pantun Dengan Sandiaga Uno

Pewarta : Novian

Blitar,mitratoday.com-Ke Pantai Serang  minum es kelapa muda, pemandangan bagus pantai nya bersih, Sugeng rawuh mas Sandiaga, wisata bangkit ekonomi pulih. Itulah pantun Bupati Blitar, Rini Syarifah usai sambutan, dan langsung dibalas Menteri Sandiaga dengan Pantun juga.

“Habis olahraga lanjut kulineran, eh ternyata lupa bawa dompet, Pesona Pantai Serang sungguhlah menawan, surganya para pencinta sunset.

Sandiaga Uno, Bupati Blitar Beserta Rombongan Saat Melepas Tukik

“Makan ikan bakar minum es degan, nongkrong di pantai serang sambil selonjoran, gak usah bingung untuk pergi liburan, mampir ke Desa Serang yang jadi Andalan.

Bupati Blitar Rini Syarifah membalas lagi pantun Pak Menteri.

“Pantai Serang Laut Jawa,sungguh indah sunset nya, AWDI memacu semangat mengelola wisata, kita Dukung Desa Serang jadi Jawara “.

Bupati Blitar Mendampingi Sandiaga Uno Saat Melihat Stand Pembuatan Wayang

Itulah berbalas Pantun antara Bupati Blitar dan Menteri Sandiaga Salahuddin Uno saat meninjau Pantai Serang Desa Serang Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar.

Kabupaten Blitar melalui Desa Serang Kecamatan Panggungrejo di tetapkan sebagai 50 Desa Pariwisata terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang di selenggarakan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Dan Pada Sabtu (16/10/2021) Menteri Pariwisata dan Ekonomi (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno datang mengunjugi Pantai Serang untuk mengukuhkan Desa Serang sebagai salah satu 50 Nominator Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Saat meninjau Wisata Pantai Serang, Sandiaga di temani Bupati Blitar, Sekda,Kadis Disporbudpar, serta Pejabat terkait Kabupaten Blitar dan Provinsi Jawa Timur di sambut Tarian Jaranan.

Selanjutnya Sandiaga yang pada saat melakukan peninjauan di sejumlah fasilitas wisata dan stand seni selalu berpantun kemudian juga melakukan pelepasan Tukik (Anak penyu).

Sandiaga Uno dalam kunjungan ini, menjelaskan bahwa itu merupakan prestasi 50 Desa wisata terbaik, Desa Serang Desa terakhir yang ia kunjungi di Provinsi Jawa Timur, dan Provinsi Jawa Timur paling banyak yang masuk 50 Desa wisata terbaik. Selain itu, yang terpenting adalah Kota Blitar menjadi Kota yang di uji coba untuk penerapan level satu.

“Semua mata dunia melihat Kota Blitar, karena ini transisi dari Pandemi menuju Endemi dan Kabupaten Blitar memiliki tanggung jawab khusus, agar sukses program Transisi kita dari Pandemi menuju Endemi,” ujar Sandiaga.

“Ini adalah warisan berbasis masyarakat dan harus kita lakukan dengan protokol kesehatan agar pariwisata bergerak kembali, dan ekonomi kembali pulih lapangan kerja semakin terbuka.” tambahnya.

Sandiaga mengatakan bahwa dirinya bukan hanya berkunjung tetapi juga menginap, ikut melihat kesiapan (Homestay) terhadap adaptasi protokol kesehatan dan integrasi aplikasi Peduli Lingkungan.

“Ini semua sedang kita pantau, Alhamdulillah ada peningkatan dalam penetapan protokol kesehatan, dan ada juga yang harus kita dorong,”tutur Sandiaga.

Sandiaga juga melakukan diskusi dengan masyarakat Jakarta yang pindah ke sana, yakni bersama Supeno pembuat wayang yang sudah lama tidak mendapat order akibat Pandemi.

“Mudah-mudahan bisa buka kembali dan omset wayang nya bisa kembali pulih,”ungkap Sandiaga.

Sandiaga juga memberikan bantuan alat untuk memompa air laut masuk ke dalam tangki yang di gunakan mengembangkan atau melestarikan penyu agar jangan sampai punah dan sebagai upaya mendukung wisata berbasis konservasi penyu.

Bupati Blitar, Rini Syarifah dalam sambutanya mengucapkan terima kasih kepada  sandiaga atas kedatanganya di Kabupaten Blitar,khususnya di desa serang yang menjadi Nominasi ADWI.

‘Terima kasih mas menteri yang sudah rawuh ke Kabupaten Blitar, terutama di pantai Serang, matur nuwun sekali. Seperti bermimpi sekali hari ini kita kedatangan tamu istimewa,”ucap Bupati Blitar.

Menurutnya, kedatangan Sandiaga Uno telah memberikan angin surga bagi masyarakat Desa Serang, karena telah membangkitkan wisata dan ekonomi di pantai Serang kabupaten Blitar.

“Alhamdulillah hari ini kita kedatangan orang hebat. Terima kasih, tidak ada kata yang bisa diucapkan selain terharu. Ibu-ibu menyambutnya luar biasa pada menangis terharu melihat Menteri sangat semangat untuk membangkitkan wisata Pantai Serang di Kabupaten Blitar. Semoga Desa Serang bisa juara satu,”tandas Syarifah.(Adv/Kmf)

Bagikan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
Close
Close