ArtikelBengkuluBENGKULUBisnisEkonomi BisnisHeadlineKuliner

Kuliner Khas Bengkulu Yang Harus Kamu Coba

Bengkulu adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki beragam seni kerajinan dan ciri khas yang unik. Beberapa di antaranya adalah bunga Rafflesia arnoldi, seni pahat, dan seni kerajinan tangan dari kulit Lantung yang memiliki nilai seni yang tinggi. Selain itu, Bengkulu juga memiliki rumah adat yang cantik dan unik yang bisa kamu jadikan sebagai referensi saat ingin berjalan-jalan ke sana.

Provinsi yang terletak di Pulau Sumatera ini juga dikenal memiliki banyak tempat wisata menarik yang patut dikunjungi. Selain itu, Bengkulu juga memiliki banyak kuliner menarik yang harus kamu coba. Provinsi yang satu ini memang menjadi salah satu kota wisata yang memiliki banyak destinasi makanan lezat bagi wisatawan.

Makanan khas Bengkulu juga menjadi daya tarik masyarakat. Namun, kira-kira apa saja ya makanan khas yang harus dicoba saat berjalan-jalan ke sana? Yuk, simak rekomendasi yang telah kami rangkum di bawah ini.

1. Gulai Kemba’ang

Indonesia memang memiliki berbagai jenis gulai dengan cita rasa bermacam-macam. Namun, kamu tidak boleh melewatkan gulai khas Bengkulu yang satu ini. Gulai ini dibuat dengan bahan utama dari iga dan daging sapi.

Selain terkenal dengan rasa yang sangat lezat, gulai kemba’ang disajikan dengan daun pakis yang membuat rasa gulai ini berbeda dengan yang lain. Gulai ini biasanya sering dijadikan menu masakan utama saat perayaan tertentu, terutama saat bulan Ramadan. Ciri khas gulai ini terbuat dari kunyit dan santan sehingga menghasilkan warna yang begitu menggoda.

2. Lemea Khas Bengkulu

Salah satu makanan tradisional khas Bengkulu yang sampai saat ini masih terjaga cita rasanya adalah lemea. Makanan yang satu ini adalah masakan hasil fermentasi yang mirip dengan tempoyak dari Pulau Jawa. Masakan satu ini adalah makanan yang paling digemari masyarakat karena memiliki ciri khas cita rasa yang unik. Hal ini sebabkan terbuat dari adonan rebung atau bambu muda.

Selain itu, yang menjadikan lemea menarik adalah masakan ini dicampur dengan ikan air tawar setelah difermentasi dengan rebung. Dibuat dengan proses yang panjang, lemea khas Bengkulu ini menciptakan rasa yang nikmat dan luar biasa. Tertarik mencoba?

3. Pendap

Masakan khas Bengkulu yang satu ini terbuat dari bahan dasar ikan. Untuk membuatnya, pendap membutuhkan waktu kurang lebih hingga delapan jam. Dengan campuran bumbu berbahan dasar bawang putih, garam, kencur, cabai, dan kelapa muda yang diparut, kamu dapat merasakan sensasi gurih dan nikmat saat memakannya. Daun talas yang digunakan sebagai pembungkus bertujuan untuk menghilangkan bau amis pada ikan sehingga kamu tidak perlu khawatir akan bau amis saat mengonsumsinya.

Kamu bisa menyantap pendap bersamaan dengan nasi putih hangat agar lebih nikmat. Pendap biasanya memiliki warna hijau tua yang cantik sehingga sangat cocok untuk kamu jadikan objek bidikan kamera favoritmu. Selain itu, jika kamu memiliki waktu luang, kamu bisa memasak pendap sendiri di rumah. Banyak resep mudah untuk membuat pendap di internet yang bisa kamu coba.

4. Gulai Pisang

Makanan unik yang satu ini memang hanya bisa kamu temui di Bengkulu. Jika banyak gulai memiliki bahan dasar isian seperti daging atau ikan, gulai yang satu ini memiliki isian buah yaitu pisang. Makanan yang tidak biasa ini memiliki kuah gulai pada umumnya, tapi disajikan dengan isian buah pisang yang bertekstur padat seperti pisang raja, kepok, dan lain-lain.

Meskipun bagi beberapa orang gulai ini tergolong aneh, tetapi gulai pisang memiliki rasa gurih dan nikmat yang membuat orang yang mencicipinya ingin mencobanya lagi. Rasa yang nikmat juga ditentukan oleh pengolahan yang tepat sehingga kamu perlu mengobservasi resto mana yang memiliki gulai pisang khas Bengkulu yang paling enak. Tertarik untuk mencobanya?

5. Kue Lepek Binti

Jika sebelumnya kita sudah membahas makanan khas Bengkulu yang membuat kenyang, kali ini kita akan membahas jajanan tradisional khas Bengkulu yang memiliki rasa manis yang gurih. Kue lepek binti ini dibuat dari bahan dasar tepung ketan, santan, garam, lengkuas, dan daun salam yang kemudian diisi dengan daging giling berbumbu rempah-rempah.

Kamu bisa dengan mudah menemukan kue ini di pasar-pasat. Kemasannya hadir dengan ciri khas dilipat menggunakan daun pisang muda dan diikat. Tekstur yang akan kamu rasakan saat menggigit kue tradisional ini adalah kenyal dan lembut dengan rasa asin. Maka dari itu, sangat cocok saat kamu ingin memakan camilan ringan setelah makan berat.

6. Kopi Bengkulu

Kurang nikmat saat membicarakan makanan tapi tidak mengikutsertakan kopi, apalagi Bengkulu adalah salah satu di antara banyak provinsi di Indonesia yang memproduksi kopi nikmat. Kopi Bengkulu memiliki cita rasa yang berbeda dengan kopi-kopi yang lainnya karena kamu dapat menghirup aroma lemon dan cokelat saat meminum kopi Bengkulu ini. Minuman yang satu ini memang menjadi kegemaran banyak orang saat bersantai pada pagi atau sore hari. Sangat menarik, ya?

Memiliki banyak kuliner yang khas, Bengkulu memang bisa dijadikan tempat wisata kuliner bagi kamu yang suka makanan yang unik. Itulah rekomendasi kami tentang enam makanan khas Bengkulu yang harus kamu coba. Semoga bermanfaat!

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button