DaerahHeadlineMalang

Kunjungi Lembah Indah, Sandiaga Puji Respon Pemerintah Kabupaten Malang Soal Toilet Wisata

Pewarta : Sigit

Malang,mitratoday.com-Toilet Wisata Lembah Indah Ngajum Kabupaten Malang mendapat pujian dari Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sanidaga Uno.

Tersedianya toilet wisata yang juga ramah bagi penyandang disabilitas tersebut kata Sandiaga merupakan bentuk dukungan kepada pemerintah pusat lewat Satgas
Toilet Indonesia, bersama Satgas Jeding Jawa Timur.

“Apa yang disuguhkan di Lembah Indah Ngajum ini sangat perspektif, inilah bagian sebuah tekad Pemda untuk semakin menguatkan sektor Pariwisata didaerah,” kata Sandiaga Uno minggu (17/10/2021).

Toilet khusus disabilitas tersebut lanjut Sandiaga, memang dirancang lebih luas, dengan tujuan agar mobilitas penyandang disabilitas dapat lebih terakomodasi, terutama ketika digunakan untuk mandi.

“Saya apresiasi karena telah memberikan pendekatan yang sangat humanis,” terangnya.

Sandiaga menjelaskan bahwa Hal tersebut dinilai sesuai dengan Undang-undang Nomor 8 Tahun 2016, bahwa aplikasi dari UU tersebut adalah akses infrastruktur yang berkeadilan untuk para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya bagi penyandang disabilitas.

Bahkan saking senangnya, Sandiaga sempat mengucapkan sebuah pantun yang berbunyi:

“Pergi ke Malang naik kereta, keretanya bersih dan juga nyaman, untuk mendukung revolusi pariwisata, revitalisasi toilet wisata harus terus dilakukan,” ujar Sandiaga Uno .

Toilet ramah disabilitas, menurut Sandiaga menjadi bukti keberpihakan kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan. Apalagi di tengah pandemi ini, tempat-tempat wisata, urai Sandaiag juga sangat membutuhkan kunjungan wisatawan. Melihat keberpihakan tersebut, ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang ikut menghadirkan satu kolaborasi apik ini, serta berharap agar wisata di Indonesia bisa bangkit di saat sulit seperti saat ini.

Terakhir, Sandiaga mengingatkan, Keberadaan toilet tersebut harus tetap dijaga kebersihannya . Menurutnya wisatawan akan mendapatkan pemandangan dan kenangan yang indah,jika sarana pendukung seperti toilet dalam kondisi bersih. Tapi justru sebaliknya, kenangan tersebut akan sirna saat kondisi toilet yang tersedia kondisinya kotor dan kurang terawat.

“Pergi berburu ke dalam hutan, hati-hati terhadap binatang berbisa, ketersediaan toilet yang bersih, aman, dan nyaman, akan memberi nilai tambah yang luar biasa,” tutup. Sandiaga Uno.

Sementara, Bupati Malang HM.Sanusi menjelaskan bahwa Pemkab Malang tetap mendorong iklim pariwisata untuk terus maju. Meski disadari, ditengah kondisi pandemi Covid, semua belum kembali normal.

“Ya kita gak boleh menyerah , semangat kita untuk bersama menangani Covid salah satunya dengan vaksinasi ini kan upaya agar kita segera bebas dari Covid-19. Insyaallah jika Covid sudah berakhir, kita akan kembali ke kehidupan normal, artinya perekonomian akan pulih termasuk Patiwisata,” ulas Sanusi.

Sembari menunggu kondisi normal, Sanusi meminta pengelola wisata untuk berbenah, segala kebutuhan sarana dan prasarana harus diperbaiki salah satunya ketersediaan toilet yang bersih dan higienis.

Senada dengan Menparekraf, tersedianya toilet bersih dan higienis ditambah ramah bagi kaum disabilitas, kata Sanusi akan mempengaruhi kemajuan destinasi wisata tersebut.

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
error: