DaerahHeadlineMalang

Lantik 12 Kades, Bupati Malang Ingatkan Soal Dana Desa

Pewarta : Sigit

Malang,mitratoday.com – Bupati Malang, HM Sanusi mengingatkan para Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Malang untuk benar-benar mentaati aturan penggunaan Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD).

Kata Sanusi, mental kuat menjadi hal terpenting yang harus dimiliki para Kades saat menjalankan roda pemerintahan desa. Pasalnya anggaran DD maupun DD yang digelontorkan Pemerintah Pusat sangat besar, yang diperuntukkan untuk membangun desa dari berbagai sektor yang ada, mulai infrastruktur, ekonomi dan pembangunan lainnya.

“Harus punya mental kuat, jangan salah gunakan uang DD, gunakan sepenuhnya untuk membangun desa, jangan ada sedikitpun punya pikiran korupsi uang negara. Harus ikuti semua aturan yang tentukan oleh negara,agar hasil pembangunan dapat dirasakan masyarakat desa,” tandas Sanusi saat melantik 12 Kepala Desa di Pendopo Pemkab Jalan H Agus Salim Kota Malang rabu (22/12/2021).

Selain itu, Para Kepala Desa, lanjut Sanusi harus bisa menjadi pengayom dan panutan bagi seluruh warga desa. Kata Sanusi Kades harus mampu merangkul semua elemen masyarakat desa dan tidak boleh alergi terhadap kritik yang diutarakan masyarakat, karena menurutnya kritikan adalah bagian dari upaya untuk memperbaiki diri dalam membangun desanya agar maju.

“Jangan alergi kritikan, Kades harus bisa merangkul seluruh masyarakat dan memastikan bahwa pembangunan di desa harus tepat sasaran, dan transparan agar semakin maju, mandiri dan berdaya saing,” imbuh Sanusi.

Sementara itu Plt.Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Drs.H.Suwadji Sip.Msi, 12 Kades yang dilantik tersebut merupakan hasil Pilkades serentak yang diselenggarakan minggu (5/12/2021) lalu.

12 desa tersebut lanjut Suwadji terdiri dari Desa Srigonco Bantur, Desa Krebet, Wandanpuro Bululawang, Desa Sukolilo, Kenongo, Kemiri Kecamatan Jabung, Desa Petungsewu Wagir, Desa Karangwidoro Dau, Desa Girimoyo Karangploso, desa Kaumrejo, desa Waturejo Ngantang dan Desa Pujiharjo Tirtoyudo.

Suwadji mengatakan Kepala Desa ini harus bisa mengemban amanat dan kepercayaan masyarakat desa.

Amanat ini harus dijalankan dengan dedikasi dan rasa tanggung jawab serta semangat untuk membangun desanya agar semakin maju menuju Malang Makmur,” ujar Suwadji.

Suwadji meminta Kades terpilih yang barusan dilantik tersebut, segera melakukan konsolidasi dan merangkul semua komponen masyarakat, karena peran dan partisipasinya sangat diperlukan dalam pembangunan desa.

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
error: