DaerahHeadlineKesehatanMalang

Libatkan Relawan Desa, 1000 Dosis Vaksin Perhari Di Suntikkan Ke Warga Tirtoyudo

Pewarta : Sigit

Malang,mitratoday.com-Serbuan vaksinasi di Kabupaten Malang terus mendapatkan animo yang cukup tinggi dari masyarakat. Seperti yang terjadi di desa Ampelgading kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang.

Kepala Puskesmas Tirtoyudo dr.Ivan Drie menyebutkan, serbuan vaksinasi yang diselenggarakan di balaidesa Ampelgading tersebut dari data yang ia miliki, yang mendaftar mencapai 1.300 warga.

Ia menilai, melihat jumlah warga yang mendaftar tersebut, menjadi semacam bukti bahwa masyarakat sudah semakin sadar dan memahami pentingnya herd imunity agar terhindar dari penularan virus Covid-19.

“Kami menilai Muspika dan Pemdes Ampelgading cukup sukses mensosialisasikan pentingnya vaksinasi ini,”ujar Ivan Drie kepada Mitratoday.com selasa (21/9/2021)

Bahkan sejak dua minggu lalu, imbuh Ivan Drie pihaknya mampu menyuntik kan sekitar 1000 dosis vaksin perhari. Ini setelah pihaknya membuat strategi baru dengan melibatkan relawan desa untuk dijadikan sebagai tenaga administrasi mulai registrasi, entri data dan pembuatan sertifikat vaksinasi.

“Kita dapat kuota sekitar 24 tenaga relawan ya, bapak Kadinkes sendiri telah memberikan kesempatan kepada kami mengelola program vaksinasi di wilayah,”beber dr.Ivan Drie.

Dengan tambahan tenaga relawan desa tersebut, kata Ivan Drie, tenaga kesehatan yang tergabung dalam tim vaksinator bisa fokus melakukan vaksinasi dan screening kepada sasaran warga.

Ivan menyebut ada 25 tenaga kesehatan yang dimiliki Puskesmas Tirtoyudo yang terbagi ke dalam 8 tim. Kendati demikian dari 8 tim vaksinator tersebut lanjut Ivan Drie dibagi menjadi setengahnya saja, hal ini dikarenakan selain menggarap program vaksinasi, pihaknya harus tetap memberikan pelayanan reguler ke masyarakat di Puskesmas

Disinggung soal sebaran kasus Covid di Tirtoyudo sendiri, Ivan menjelaskan jika saat ini kasus sebaran Covid sudah turun drastis.

Di Puskesmas Tirtoyudo sendiri lanjut Ivan, sudah tidak ada lagi pasien rawat inap yang terpapar Covid-19.

“Laporan dari 13 desa di Tirtoyudo juga gak ada, minimal keluhan seperti gejala Covid sudah gak ada lagi, tapi bukan berarti kita sudah terbebas dari Covid ya,”tukasnya.

Apakah bisa dikatakan Tirtoyudo sudah dinyatakan Zero Covid, Ivan menilai jika berdasarkan data yang ia miliki, Tirtoyudo bisa dikatakan zero Covid.

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button