DaerahHeadlineMalang

Malang Miliki Batik Khas, Meski Masih Kalah Tenar

Pewarta : Sigit

Malang,mitratoday.com-Kabupaten Malang diketahui juga merupakan salah satu sentra batik. Pasalnya Kabupaten Malang sendiri juga memiliki berbagai macam ciri khas soal batik.

Meski masih kalah tenar dengan daerah penghasil kain batik seperti Pekongan, Solo, Yogyakarta, namun kualitas Batik khas Kabupaten Malang juga tak mau kalah. Salah satunya seperti Kelompok Batik Kalosa Karangploso Kabupaten Malang. Terbukti kelompok Batik Kalosa hingga saat ini tetap berusaha melestarikan ciri khas budaya Indonesia yakni Kain Batik hingga mampu menduduki peringkat 5 Besar Tingkat se- Provinsi Jawa Timur dan 15 Besar Tingkat se-Provinsi Jawa Timur, Jawa Barat dan Bali.

Gak masalah meski kita masih kalah tenar dengan Pekalongan, Solo, Yogyakarta, tapi kita punya ciri khas tersendiri, dan potensi itu ada. Dengan didukung oleh pengrajin handal, ketersediaan bahan baku dan distribusi pemasaran yang bagus maka Batik Kabupaten Malang akan semakin dikenal masyarakat luas,”kata Bupati Malang HM Sanusi saat membuka Pasar Ibu di Rest Area Karangploso minggu (3/10/2021).

Tidak hanya pasar lokal, lanjut Sanusi, jika kualitas batik semakin bagus, dan manajemen pemasarannya cukup bagus, tidak menutup kemungkinan kualitas batik Kabupaten Malang akan semakin dikenal secara Nasional maupun Internasional.

Salah satu cara, yakni dengan sarana Promosi yang bagus dan menarik dengan menyasar berbagai kalangan termasuk kalangan milenial.

“Insyaallah bisa jadi trend fashion batik yang lebih dikenal masyarakat luas,”ucap Sanusi.

Terakhir, Sanusi mengajak masyarakat terutama kalangan milenial untuk lebih cinta terhadap produk lokal terutama batik. Terutama kepada para pecinta batik, desainer batik, Sanusi mendorong untuk terus berkreasi dan berkarya.

“Teruslah berkreasi, kepada masyarakat lainnya, jangan malu untuk mengenakan pakaian batik, kita dukung dengan mempromosikan batik sebagai ciri Khas Masyarakat Kabupaten Malang,”tutup Sanusi.

Pasar Ibu sendiri, diselenggarakan untuk memperingati Hari Batik Nasional.

Sanusi sendiri hadir dengan ditemani istri Hj Anis Zaidah Sanusi, dan Didampingi Camat Karangploso Indra Gunawan serta beberapa pejabat Pemkab Malang.

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
error: