DaerahHeadlineMalang

Mall Layanan Publik Di Tinjau Tim Kemenpan RB, Ini Penjelasan Pemerintah

Malang,mitratoday.com – Kantor Mall layanan Publik Pemkab Malang diketahui baru saja dikunjungi tim dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Nergara dan Reformasi Birokrasi pada Kamis kemarin (31/3/2022).

Kunjungan tersebut dibenarkan Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Malang, Drs Sutrisno kepada Mitratoday.com Jumat (1/4/2022).

“Benar ada kunjungan tim Kemenpan RB,” kata Sutrisno.

Ia menjelaskan kunjungan tersebut untuk melihat operasional Mall Layanan Publik yang sudah di soft launching tahun kemarin.

“Kunjungan itu sendiri sejatinya adalah hasil dari kunjungan yang dilakukan Pemkab Malang ke Kantor Kemenpan RB di Jakarta beberapa waktu lalu untuk menyerahkan beberapa dokumen proposal terkait Mall Layanan Publik milik ini.” Jelasnya.

Lantas seperti apa hasilnya, Sutrisno menjelaskan jika dari hasil penilaian tim Kemenpan RB diketahui bahwa Mall Layanan Publik milik Pemkab Malang tersebut cukup representatif.

Jika masih butuh pembenahan atau evaluasi, Sutrisno menyebut hanya soal teknis saja. Seperti konsep sebuah Mall Layanan Publik yang terbuka, terpisah dan strategis.

“Makanya, Mall Layanan Publik tersebut rencananya bakal ditempatkan di Kantor yang saat ini digunakan sebagai Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Artinya kedua OPD tersebut akan bertukar kantor,” beber Sutrisno.

Tim Kemenpan RB sendiri ujar Sutrisno menargetkan di bulan Agustus hingga September gedung Mall Layanan Publik sudah harus siap. Hal ini dikarenakan Pemerintah harus menyiapkan berbagai sarana yang dibutuhkan, seperti space ruangan layanan, dan berbagai sarana lainnya.

“Ya memang butuh waktu mesti kita berusaha untuk percepatan ya, karena jika tuntas kan harus kita ujicoba lagi agar nantinya saat sudah grandlaunching benar-benar efektif dan gak sampai mengganggu layanan yang diberikan,” tutur Sutrisno.

Terlebih kedepan, ulas Sutrisno bakal membuat semacam parameter baru tambahan yang menjadikan Mall Layanan Terpadu tersebut benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas. Beda dengan tahun sebelumnya, Mall Layanan Publik tersebut nantinya akan menjadi salah satu komponen penilaian kualitas layanan publik.

“Berhasil tidaknya layanan publik yang diberikan pemerintah tergantung dari komponen tambahan tersebut,” tandas Sutrisno.

Dirinya mengaku bersyukur terhadap support penuh yang diberikan Bupati/Wakil Bupati Malang. Menurutnya sejauh ini support tersebut dibuktikan dengan instruksi kepada semua perangkat daerah untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat secara cepat, tepat dan efektif.

“Salah satu bukti dukungan Beliau (Bupati/Wakil Bupati) kan penghargaan yang diterima Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu, makanya kita bertekad memberi layanan terbaik dan prima kepada masyarakat Kabupaten Malang,” pungkas Sutrisno.

Pewarta : Sigit

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button