DaerahHeadlinependidikan

Market Place dan Foodtruck Karya Siswa, Dilaunching Bupati Malang

Malang,mitratoday.com – Satu lagi ide kreatif di ciptakan siswa -siswa SMKN 1 Kepanjen dengan hadirnya Marketplace baru KANESHOP dan Foodtruck Warung Mlaku Wirausaha Kanesa (WAKUWIKA) yang dilaunching secara khusus oleh Bupati Malang bertepatan dengan HUT SMK Negeri 1 Kepanjen ke 13, Sabtu (22/1/2022).

“Nantinya bisnis Marketplace dan Foodtruck tersebut akan dikelola oleh siswa-siswa SMKN 1 Kepanjen.” Kata Sanusi.

Sanusi mengaku dirinya cukup bangga dengan ide kreatif yang diciptakan civitas SMKN 1 Kepanjen tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa generasi milenial saat ini cukup kreatif dan mampu membaca peluang bisnis serta jiwa interpreneurship.

“Ini sebuah kemajuan dunia pendidikan terutama pendidikan kejuruan, selain ditempa dengan pendidikan formal ,nyatanya para siswa jiga didik untuk kreatif menciptakan ide-ide cemerlang dengan memanfaatkan peluang bisnis yang ada,” ucap Sanusi.

Hal ini, lanjut Sanusi merupakan salah satu keberhasilan lembaga pendidikan kejuruan seperti SMKN 1 Kepanjen yang menerapkan metode pembelajaran dengan mencetak Sumber Daya Manusia unggul dan kreatif. Sanusi menandaskan , jika ingin pendidikan di Indonesia lebih maju, maka potensi seperti ini harus digali dan dikembangkan dengan memberikan kesempatan yang lebih luas kepada anak didik.

Kendati demikian, Sanusi mengingatkan kunci keberhasilan sebuah pendidikan tidak cukup hanya dengan mengandalkan tenaga pendidik semata, namun juga butuh keterlibatan peran serta orang tua siswa.

“Harus saling mendukung antara pihak sekolah, orang tua siswa, dan elemen pendidikan lainnya. Tidak bisa kita hanya mengandalkan guru saja, tapi juga lingkungan. Karena lingkungan ini kan ikut mempengaruhi karakter anak didik,” ulas Sanusi.

Untuk itu ia berharap SMKN 1 Kepanjen dapat selalu berinovasi meningkatkan kemampuan teknologi yang berdaya saing.

Launching Marketplace dan Foodtruck itu sendiri juga dihadiri anggota Komisi A DPRD Jawa Timur, H. Gunawan HS., S. H., M. Hum., Kapolres Malang, AKBP R. Bagoes Wibisono, Dandim 0818 Malang-Batu, Letkol Inf. Taufik Hidayat dan beberapa Kepala OPD Serta Muspika Kepanjen.

Pewarta : Sigit

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button